Repository Universitas Andalas

PATRIARCHAL OPPRESSION TOWARD WOMEN IN VICTORIAN AGE AS REFLECTED IN THOMAS HARDY'S TESS OF THE D'URBERVILLES

Tinia, Rani (2008) PATRIARCHAL OPPRESSION TOWARD WOMEN IN VICTORIAN AGE AS REFLECTED IN THOMAS HARDY'S TESS OF THE D'URBERVILLES. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (PATRIARCHAL OPPRESSION TOWARD WOMEN IN VICTORIAN AGE AS REFLECTED IN THOMAS HARDY'S TESS OF THE D'URBERVILLES) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa novel Tess of the d'Urbervilles karya Thomas Hardy, dengan tujuan untuk membahas penindasan terhadap perempuan yang dilakukan oleh kaum laki-laki di Eropa, khususnya di Inggris pada zaman Victoria sebagai dampak dari kebudayaan patriakat pada masa itu. Pada penelitian ini penulis membahas bagaimana tokoh utama perempuan dalam novel ini, yang merupakan potret perempuan zaman Victoria, ditindas oleh kaum patriakat serta mengkaji konsekuensi yang harus ditanggungnya dari tekanan atau penindasan kaum patriakat tersebut. Penulis juga menggali ide-ide feminis yang tergambar dalam novel ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang digunakan merupakan gabungan dari buku-buku dan artikel yang berhubungan dengan masalah yang dikaji oleh penulis. Dalam memaparkan hasil analisis, penulis menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan serta membahas bentuk- bentuk tekanan atau penindasan yang dihadapi oleh perempuan pada zaman Victoria dan dampak penindasan tersebut dalam kehidupan mereka. Dalam menganalisa novel ini, penulis mengunakan pendekatan feminis dengan menerapkan perspektif Elaine Showalter; Women as Reader dan perspektif Kate Millet tentang patriarki. Dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan kalau Tess, tokoh utama dalam novel ini mengalami tekanan atau penindasan yang dilakukan oleh kaum laki- laki. Tess dimanfaatkan, ditinggalkan dan bahkan dilecehkan secara fisik maupun mental oleh ayah, suami dan majikanya. Dari analisis tersebut penulis menyimpulkan bahwa penindasan terhadap wanita yang dilakukan oleh kaum patriarkat yang terdapat dalam novel Tess of the d'Urbewilles merupakan refleksi dari kehidupan wanita pada zaman Victoria di Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:13
Last Modified: 11 Oct 2011 04:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item