Repository Universitas Andalas

PRESUPPOSITION IN TAGLINE OF HOLLYWOOD HORROR MOVIES

Anggreini, Yosi (2008) PRESUPPOSITION IN TAGLINE OF HOLLYWOOD HORROR MOVIES. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (PRESUPPOSITION IN TAGLINE OF HOLLYWOOD HORROR MOVIES) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (430Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pra-anggapan pragmatik yang digunakan dalam menganalisis tagline yang terdapat dalam film horor Hollywood. Tagline yang terdapat pada poster atau majalah film menyuguhkan informasi berupa pra-anggapan yang dibuat untuk menarik perhatian penonton supaya merasa terlibat dalam tuturan tersebut. Tujuan pembuatan skripsi ini adalah melihat peranan pra-anggapan pragmatik dalam memahami kalimat pada tagline film. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode distribusi dan metode referensi. Untuk menentukan tipe-tipe pra-anggapan yang ditemukan dalam data, penulis menggunakan teori George Yule mengenai tipe-tipe pra-anggapan di dalam buku Pragmatics (2000). Tipe-tipe pra- anggapan tersebut adalah pra-anggapan eksistensi (existential presupposition), pra- anggapan faktif (factive presupposition), pra-anggapan leksikal (lexical presupposition), pra-anggapan struktural (structural presupposition), pra-anggapan non-faktif (non-factive presupposition), dan pra-anggapan kontra-faktual (counterfactual presupposifion). Kemudian, analisis dilanjutkan dengan menggambarkan hubungan antara pra-anggapan yang ada pada tagline film dengan konteks cerita film untuk melihat dasar pemahaman antara copywriter dan penonton. Dari hasil analisis ditemukan bahwa kemunculan pra-anggapan dalam tagline film-film hollywood kebanyakan dalam bentuk pra-anggapan eksistensi (existential presupposition), yaitu eksistensi seseorang/sesuatu dijadikan sebagai informasi yang telah dianggap benar dan partisipan dianggap telah mengetahui bahwa informasi mengenai seseorang/sesuatu ada di dalam cerita dengan menonton film tersebut. Hal ini menjadi salah satu penunjang untuk menjalankan fungsi tagline, yaitu untuk membuat penonton mengingat film tersebut dan menarik perhatian mereka untuk menonton film tersebut. Tipe-tipe pra-anggapan lain yang ditemukan dalam analisis ini adalah pra-anggapan faktif (factive presupposition), pra-anggapan leksikal (lexical presupposition), dan pra-anggapan struktural (structural presupposition).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:11
Last Modified: 05 Oct 2011 08:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item