Repository Universitas Andalas

THE CHARACTERISTICS OF ENGLISH SOCIETY IN EARLY 19TH CENTURY AS REFLECTED IN PRIDE AND PREJUDICE BY JANE AUSTEN

Apriani, Donna (2008) THE CHARACTERISTICS OF ENGLISH SOCIETY IN EARLY 19TH CENTURY AS REFLECTED IN PRIDE AND PREJUDICE BY JANE AUSTEN. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE CHARACTERISTICS OF ENGLISH SOCIETY IN EARLY 19TH CENTURY AS REFLECTED IN PRIDE AND PREJUDICE BY JANE AUSTEN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394Kb) | Preview

Abstract

Skipsi ini menganalisa novel Pride and Prejudice tentang ciri-ciri khusus masyarakat Inggris pada awal abad ke 19. Dalam skripsi ini diulas bagaimana keunikan masyarakat Inggris dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari, yaitu tentang stratifikasi sosial masyarakat Inggris, gaya hidup dan peran gereja beserta orang-orangnya dalam kehidupan masyarakat Inggris. Dalam menganalisa novel ini, penulis menggunakan teori sosiologi sastra oleh Alan Swingwood, perspective pertama yang menganggap karya sastra sebagai dokumentasi sejarah pada saat karya sastra itu dibuat dengan didukung pendekatan sosiologi. Pendekatan sosiologi digunakan untuk mengetahui permasalahan yang terkait dengan kehidupan sosial. Kemudian, penulis menggunakan metode kualitatif dimana hasil penelitiannya akan dijabarkan secara deskriptif atau berupa kata-kata atau kutipan dari novel dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan karakteristik masyarakat Inggris saat itu. Dari penelitian ini, penulis memperoleh kesimpulan bahwa masyarakat Inggris memiliki tiga karakteristik diantaranya : 1) mereka memiliki sistem stratifikasi terbuka dimana sistem stratifikasi ini dapat berubah naik dan turun tergantung pada jumlah kekayaan dan jabatan yang mereka miliki. 2) Perbedaan gaya hidup antara kelas atas, tengah dan bawah membuat Inggris menjadi materialistis. 3) Selain itu masyarakat sangat menghormati gereja karena memiliki otoritas dalam penyelenggaraan pernikahan dan anggota gereja yang kebanyakan berasal dari kelas atas dan menengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:11
Last Modified: 05 Oct 2011 08:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item