Repository Universitas Andalas

A STYLISTIC ANALYSIS OF REFERENCE AND LEXICAL COHESION IN EDGAR ALLAN POE'S SHORT STORY THE CASK OF AMONTILLADO

Devandra, Devandra (2008) A STYLISTIC ANALYSIS OF REFERENCE AND LEXICAL COHESION IN EDGAR ALLAN POE'S SHORT STORY THE CASK OF AMONTILLADO. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (A STYLISTIC ANALYSIS OF REFERENCE AND LEXICAL COHESION IN EDGAR ALLAN POE'S SHORT STORY THE CASK OF AMONTILLADO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (367Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis mengkaji gaya bahasa didalam karya sastra. Karya sastra yang dipilih adalah cerita pendek karangan Edgar Allan Poe yang berjudul "The Cask of Amontillado ". Gaya bahasa tersebut dikaji berdasarkan penggunaan pembagian kohesi (cohesive items). Penulis menggunakan dua teori dalam menganalisis gaya bahasa, yaitu teori stilistika yang dikemukakan oleh Peter Verdonk (2002) dan teori kohesi oleh Halliday dan Hassan (1976). Fokus analisis terletak pada referen (reference) dan kohesi leksikal (lexical cohesion). Kohesi leksikal yang dibahas adalah reiterasi (reiteration) yang terdiri atas pengulangan (repetition), persamaan kata (synonym), kata khusus (super ordinate), dan kata umum (general word) serta kelompok kata (collocation). Kemudian dihubungkan dengan teori stilistika yang membahas elemen linguistik dalam hal fungsi dari tujuan dan efek yang menyertainya. Metode analisis yang digunakan adalah metode distribusional. Berdasarkan hasil analisis, elemen referen yang paling signifikan adalah referen persona (personal reference) sebanyak 68 kali (58.6 %). Sedangkan bentuk kohesi leksikal yang paling signifikan adalah bentuk pengulangan (repetition) sebanyak 27 kali (23.3 %). Penulis berkesimpulan penggunaan referen dan kohesi leksikal mempunyai beberapa fungsi berdasarkan tujuan dan efek yang terjadi. Berdasarkan tujuan, pengarang menciptakan efek psikologi (foregrounding) bagi pembaca dan menunjukkan gaya pengarang dalam mengeksploitasi bahasa yang digunakan. Berdasarkan efek, menimbulkan efek psikologi (foregrounding) yang dapat meningkatkan keingintahuan pembaca tentang isi dan makna dari cerita tersebut serta membantu pembaca untuk menemukan maksud pengarang dalam menggunakan pilihan kata pada cerita pendek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:11
Last Modified: 03 Oct 2011 09:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item