Repository Universitas Andalas

The Fossilized Phonetic Errors of the English Department Students of Andalas University : An Interlanguage Study

Nilawati, Nilawati (2008) The Fossilized Phonetic Errors of the English Department Students of Andalas University : An Interlanguage Study. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (The Fossilized Phonetic Errors of the English Department Students of Andalas University : An Interlanguage Study) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (412Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "The Fossilized Phonetic Errors of the English Department Students of Andalas University : An Interlanguage Study". Penulis mengkaji kesalahan pengucapan fonetis bahasa Inggris oleh mahasiswa Sastra Inggris Universitas Andalas 2003 semester delapan yang berasal dari Minang, yaitu dengan menganalisis bentuk fonetis yang berfosilisasi sebagai dampak interferensi bahasa pertama ke bahasa kedua mereka. Kesalahan pengucapan bahasa kedua mahasiswa tersebut terjadi secara terus-menerus dan tanpa disadari, sehingga kesalahan ini menjadi kebiasaan. Sumber data berupa sejumlah 42 kata bahasa Inggris diucapkan oleh partisipan terdiri dari mahasiswa semester delapan jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Andalas. Partisipan berjumlah 8 orang, 4 orang dengan kecendrungan sastra dan 4 orang mahasiswa dengan kecendrungan linguistik. Teori yang dipakai untuk menganalisis data adalah teori "Errors Analysis and Interlanguage" (Corder, 1985). Phonology (Francis Katamba, 1988) dan Understanding of Fossilization (Selinker, 1972) sangat membantu penulis dalam menganalisis data. Teori ini terdiri dari tiga aspek yaitu interlanguage, interference, dan fossilization. Untuk mengetahui letak kesalahan pengucapan fonetis, penulis juga menggunakan English Pronounciation Dictionary (Daniel Jones, 1972). Hal ini disebabkan karena penulisan dalam kamus Daniel Jones banyak dipakai untuk standar penulisan dunia yang dikenal dengan International Phonetic Alphabet (IPA), (Mac Arthur, 1972). Disamping itu penulis juga menggunakan Webster Comprehensive on the English Language (William, 2003). Penelitian ini memakai metode observasi dengan teknik rekam dan catat. Penulis terlebih dahulu menyiapkan 42 kata untuk dibaca oleh mahasiswa, selanjutnya penulis memberikan kepada masing-masing partisipan 10 pertanyaan yang terdiri dari kata-kata yang diteliti (42 kata), lalu pengucapan mereka direkam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Apr 2011 01:01
Last Modified: 06 Oct 2011 03:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item