Repository Universitas Andalas

ENGLISH ADDRESS TERMS USED BY THE FOURTH YEAR STUDENT OF ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY

Septiani, Rizka Irma (2008) ENGLISH ADDRESS TERMS USED BY THE FOURTH YEAR STUDENT OF ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (ENGLISH ADDRESS TERMS USED BY THE FOURTH YEAR STUDENT OF ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedah beragam penggunaan kata sapaan dalam bahasa Inggris (address term) dalam strategi kesantunan berbahasa (politeness strategy). Riset ini dilaksanakan secara acak pada 40 mahasiswa sastra Inggris untuk mengungkap sejauh mana ketepatan penggunaan kata sapaan dalam beragam dimensi sosial (social dimension), yakni usia (age), kekuasaan (power), dan tingkat pembebanan (rank imposition). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan questioner yang di dalamnya terdapat tes ilustrasi tertulis (Discourse Completion Test) untuk meneliti kemunculan tipe-tipe kata sapaan berupa ujaran permintaan, dan nantinya dikalkulasikan untuk mendapatkan pola apa saja yang sering digunakan oleh mereka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Brown and Levinson dan Wardaugh. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga faktor yang dikemukakan Brown and Levinson tentang aspek-aspek yang mempengaruhi penutur dalam strategi kesantunan berbahasa, khususnya pemakaian kata sapaan berdasarkan perbedaan tingkat usia, kekuasaan, dan tingkat pembebanan, diperoleh hasil bahwa pemakaian kata sapaan oleh sebagian besar mahasiswa/i tahun empat di Sastra Inggris Unand sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Pola yang terbentuk pun dipengaruhi oleh bahasa Indonesia, hal ini terlihat dalam kata sapaan yang digunakan diawal ujaran dengan frekuensi satu kali dalam setiap ujaran permintaan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:10
Last Modified: 10 Oct 2011 06:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item