Repository Universitas Andalas

ANALISIS PERENCANAAN DAN PEMASANGAN MODUL JARINGAN TEGANGAN MENENGAH DI LABORATORIUM LISTRIK

Ahzan, Abrar Priadhani (2008) ANALISIS PERENCANAAN DAN PEMASANGAN MODUL JARINGAN TEGANGAN MENENGAH DI LABORATORIUM LISTRIK. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PERENCANAAN DAN PEMASANGAN MODUL JARINGAN TEGANGAN MENENGAH DI LABORATORIUM LISTRIK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256Kb) | Preview

Abstract

Unit distribusi tenaga listrik merupakan salah satu sistem tenaga listrik yang terdiri dari unit pembangkit, unit penyaluran/transmisi dan unit distribusi yang dimulai dari PMT incoming di gardu induk sampai dengan alat penghitung dan penbatas (APP) di instalasi konsumen. Pada perencanaan ini akan dilakukan perencanaan unit distribusi primer yang sering disebut dengan jaringan tegangan menengah JTM) dengan tegangan operasi minimal 20 kV. Material yang digunakan adalah, untuk tiang dip[ilih tiang beton karena lebih ekonomis dan memiliki kekuatan puncak yang besar, pada perencanaut ini konduktor yang digunakan adalah jenis AAAC dengan luas penampang 35 mm?, untuk travers atau cross arm yang digunakan adalahjenis besi UNP 80 x 45 x 5 x 5 x 200 mm sedangkan untuk isolator digunakan pin insulator. Pada penghantar jaringan tegangan menengah dipilih kabel pilin udara yang berpenghantar aluminium berisolasi XPLE. Untuk mengamankan jaringan distribusi dari gangguan - gangguan digunakan pengaman lebur (fuse) serta pemutus beban dengan relai penutup balik (reclgser). Setelah semua terpasang sesuai dengan rencana maka terbentuklah jaringan tegangan menengah (JTM) dengan 6 (enam) tiang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:19
Last Modified: 05 Oct 2011 05:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item