Repository Universitas Andalas

COMMODIFICATION BY BOURGEOISIE CLASS AS SEEN IN JOHN STEINBECK'S "THE PEARL" : A MARXIST STUDY

Rahmi, Mona Putri (2008) COMMODIFICATION BY BOURGEOISIE CLASS AS SEEN IN JOHN STEINBECK'S "THE PEARL" : A MARXIST STUDY. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (COMMODIFICATION BY BOURGEOISIE CLASS AS SEEN IN JOHN STEINBECK'S "THE PEARL" : A MARXIST STUDY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379Kb) | Preview

Abstract

Penulis dalam penelitian ini membedah tentang sejenis aksi dalam bidang ekonomi yang dalam kajian Marxisme dikenal dengan istilah komodifikasi yang merupakan salah satu dampak dari sistem kapitalisme di Meksiko pada tahun 1930an. Tahun 1930 masih dipengaruhi oleh periode realisme dimana para penulis lebih cenderung terbuka dan blak-blakan dalam merefleksikan keadaan dan situasi yang sebenarnya kedalam karya sastra, salah satunya di bidang ekonomi. Dalam hal ini, penulis lebih memfokuskan analisa dalam sudut pandang Marxisme dengan membahas komodifikasi (tindakan menilai suatu barang bahkan manusia berdasarkan nilai tukar yang dimilikinya) yang dilakukan oleh kaum borjuis terhadap kaum proletar (pekerja) yang terefleksi di dalam novel The Pearl karya John Steinbeck. Penulis menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan informasi dan data dari berbagai buku dan jurnal. Analisa penulisan tesis ini menggunakan metode kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Dalam menganalisa dampak kapitalisme di dalam novel, penulis menggunakan pendekatan kritik sastra Marxisme dengan memakai terminologi komodifikasi. Akhirnya penulis menemukan adanya hal-hal terselubung dibalik proses komodifikasi yang memberikan dampak negatif terhadap kaum proletar, dalam hal ini masyarakat Indian. Hal-hal tersebut adalah determinasi ekonomi dan ideologi kapitalis . Kedua hal ini memacu tindakan komodifikasi dan menyebabkan adanya pemujaan terhadap komoditi secara berlebihan. Selain itu, kaum proletar sebagai kaum tertindas sebagaimana yang terefleksikan di dalam novel hanya bisa menyerah pada keaadaan ketidakadilan dalam masyarakat yang mereka alami dibawah kekuasaan kaum borjuis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:07
Last Modified: 10 Oct 2011 04:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item