Repository Universitas Andalas

PENGONTROLAN BEBAN LISTRIK SATU FASA PADA SEMBARANG TEMPAT DENGAN MEMANFAATKAN JALA-JALA PLN (RANGKAIAN RECIEVER)

KAFI, MUHAMMAD (2008) PENGONTROLAN BEBAN LISTRIK SATU FASA PADA SEMBARANG TEMPAT DENGAN MEMANFAATKAN JALA-JALA PLN (RANGKAIAN RECIEVER). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PENGONTROLAN BEBAN LISTRIK SATU FASA PADA SEMBARANG TEMPAT DENGAN MEMANFAATKAN JALA-JALA PLN (RANGKAIAN RECIEVER)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293Kb) | Preview

Abstract

Dewasa ini penerapan teknologi khususnya di bidang listrik maktn memudahkan kita untuk mengatur beragam peralatan yang berada di sekeliling kita. Berbagai macam cara dapat kita gunakan pada era yang semakin canggih ini sehingga dapat diperoleh penghematan waktu, tenaga, dan pikiran. Hal terpenting adalah peningkatan efisiensi kerja semakin terasa manfaatnya bila teknologi yang ada benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada sistem pengontrolan beban listrik diperlukan pengendalian untuk memenyalakan dan mematikan sistem tersebut. Saat ini sistem tersebut masih banyak menggunakan saklar manual, Sehingga penggontrolan tersebut dilakukan oleh petugas yang ditunjuk untuk berkeliling pada setiap ruangan yang ada.. Karena hal itulah maka Tugas Akhir ini dibuat dengan merancang dan membuat suatu alat yang mampu memudahkan pengontrolan beban listrik satu fasa dimana saja sepanjang saluran tersebut dan untuk instalasinya dipermudah tanpa merubah instalasi sebelumny4 karena pada prinsipnya alat ini menggunakan media jala-jala listrik itu sendiri. Secara garis besar alat ini menggunakan komunikasi jala-jala listrik dengan menggunakan metode pemod,rlasian OOK ( On-Off Keying ) untuk mengirimkan data berupa frekuensi 300 KI-Iz ke rangkaian penerima melalui jala-jala PLN, dan kemudian frekuensi 300 KHz tersebut di deteksi oleh rangkaian transformator perantara sinyal dan IC Tone decoder LM 567 dan selanjutnya dihubungkan kerangkaian penggerak beban listrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 01 May 2011 01:07
Last Modified: 04 Oct 2011 08:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item