Repository Universitas Andalas

PASAMBAHAN KAMATIAN DI JORONG GURUN KANAGARIAN GURUN KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR (Tinjauan Struktural)

Unnarto, Ritto (2008) PASAMBAHAN KAMATIAN DI JORONG GURUN KANAGARIAN GURUN KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR (Tinjauan Struktural). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (PASAMBAHAN KAMATIAN DI JORONG GURUN KANAGARIAN GURUN KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR (Tinjauan Struktural)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (322Kb) | Preview

Abstract

Pasambahan Kamatian adalah salah satu tradisi lisan dalam menyelenggarakan jenazah yang berkembang di Jorong Gurun Kenagarian Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Pasambahan kamatian ini merupakan acara seremonial adat yang bertujuan untuk mencari kata sepakat melalui musyawarah, dan memberitahukan pada masyarakat bahwa telah meninggal salah seorang dari warga masyarakatnya. Pasambahan kamatian ini disampaikan oleh tukang sambah yang arif manyambah dan mampu berkias, serta mampu menafsirkan makna kiasan, sesuai dengan kebiasaan orang Minangkabau yang biasa berkias dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menitikberatkan pada pendeskripsian dan penganalisisan struktur teks pasambahan. Data berupa teks yang didapat di lapangan direkam, kemudian ditranskiripsikan ke dalam bentuk tulisan. Data yang telah ditranskrip itulah yang akan di analisis berdasarkan teori struktural. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa ada terdapat tiga tahapan dalam pasambahan kamatian, yaitu: mambaok bakubuo, cabiak kain kapan, maurak selo, dan struktur yang membangun teks pasambahan yaitu adanya tahap membukak kato, isi, tahap panutuik sambah. Teks pasambahan kamatian ini berbentuk prosa liris, pantun dan dibangun menggunakan beberapa gaya bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:06
Last Modified: 11 Oct 2011 04:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item View Item