Repository Universitas Andalas

A STUDY OF SIGNIFICANT STYLISTIC FEATURES IN PRESIDENT SOEKARNO'S ADDRESS TO U.S. CONGRESS ON MAY, 17TH 1956

Sari, Maya Septina (2008) A STUDY OF SIGNIFICANT STYLISTIC FEATURES IN PRESIDENT SOEKARNO'S ADDRESS TO U.S. CONGRESS ON MAY, 17TH 1956. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (A STUDY OF SIGNIFICANT STYLISTIC FEATURES IN PRESIDENT SOEKARNO'S ADDRESS TO U.S. CONGRESS ON MAY, 17TH 1956) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah tentang elemen stilistik yang dominan dalam teks pidato Presiden Soekarno di depan Kongres Amerika pada tanggal 17 Mei 1956. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gaya bahasa dan tujuan Presiden Soekarno serta efek bagi pendengar. Teks pidato ini dianalisis dengan pendekatan konten analisis, metode pragmatic referensial dan deskripsi. Selanjutnya data disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Presiden Soekarno dalam pidatonya di depan Kongres Amerika dominan menggunakan elemen pengulangan. Pengulangan tersebut bertujuan menekankan dan mengingatkan para peserta sidang Kongres Amerika. Presiden menekankan bahwa Indonesia bersungguh-sungguh meminta pengembalian Irian Barat dan mengingatkan sejarah Amerika dahulu sebagai negara demokrasi. Sedangkan efek dari pidato Presiden Soekarno yaitu Presiden mendapat simpati dan perhatian penuh selama beliau berpidato di depan Kongres Amerika. Maka dapat dikatakan bahwa dari elemen pengulangan ini terlihat tujuan dari presiden dan efek bagi pendengar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:04
Last Modified: 07 Oct 2011 08:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item