Repository Universitas Andalas

VOCABULARY ENRICHMENT THROUGH GAMES FOR ENGLISH COURSE STUDENT : A PSYCHOLINGUISTIC ANALYSIS

Fitriani, Darma Ade (2008) VOCABULARY ENRICHMENT THROUGH GAMES FOR ENGLISH COURSE STUDENT : A PSYCHOLINGUISTIC ANALYSIS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (VOCABULARY ENRICHMENT THROUGH GAMES FOR ENGLISH COURSE STUDENT : A PSYCHOLINGUISTIC ANALYSIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji peranan permainan dalam proses pemerkayaan kosakata bahasa Inggris peserta kursus ADIL Sempoa Mandiri Padang yang masih duduk di kelas 1 Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menggunakan pendekatan psikolinguistik dengan menggunakan teori pemerolehan bahasa dari Krashen, teori Language Performance dari Chomsky dan teori lainnya yang berhubungan dengan permainan dan interaksi di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode observasi nonpartisipatori. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis secara deskriptif yang dipresentasikan dengan menggunakan bahasa biasa, tanpa adanya simbol-simbol tertentu. Teknik pengambilan data dengan memberikan tes awal (pre-test),tes akhir (post-test), kuesioner dan wawancara langsung dengan lima orang peserta kursus dan dua orang staf pengajar ADIL Sempoa Mandiri Padang. Dari hasil penelitian, observasi dan analisis, penulis menyimpulkan bahwa pemerolehan bahasa melalui permainan cenderung berperan penting membantu pelajar dalam pemerkayaan kosakata bahasa Inggris dengan didukung oleh suasana belajar yang lebih nyaman dan santai. Selain itu, dengan kosakata yang diperoleh secara dalam permainan tersebut, cenderung meningkatkan kemampuan interaksi mereka di dalam kelas. Kendatipun demikian, dalam produksi bahasa itu sendiri masih sering terjadi kesalahan baik dalam aspek fonetis maupun otografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:03
Last Modified: 07 Oct 2011 06:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item