Repository Universitas Andalas

THE IMPASSE MEANING OF AFGHAN'S RELIGIOSITY IN KHALED HOSSEINI'S "THE KITE RUNNER" A DECONSTRUCTIVE READING

Seputri, Rosy Marini (2008) THE IMPASSE MEANING OF AFGHAN'S RELIGIOSITY IN KHALED HOSSEINI'S "THE KITE RUNNER" A DECONSTRUCTIVE READING. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE IMPASSE MEANING OF AFGHAN'S RELIGIOSITY IN KHALED HOSSEINI'S "THE KITE RUNNER" A DECONSTRUCTIVE READING) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (418Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini menganalisa sebuah novel berjudul The Kite Runner karangan Khaled Hosseini. Novel ini mengupas Afghanistan secara utuh, diantaranya mengenai pemahaman agama Islam dan bagaimana kereligiusan masyarakat Afghanistan yang tercermin dalam karakter-karakter di novel ini. Namun, penulis menemukan ketimpangan dalam kereligiusan beberapa karakter. Dibalik ketimpangan yang menimbulkan makna buntu, penulis menemukan alasan dan maksud yang tersembunyi disetiap tindakan karakter menyangkut rasa keagamaan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan ketimpangan dari makna yang buntu. Dalam menganalisa data, Penulis menerapkan pembacaan dekonstruktif Jacques Derrida, yaitu Aporia. Penulis mendeskripsikan ketimpangan dari kereligiusan karakter sebagai Aporia dari makna metafisika, kemudian menyusun kembali titik lemah dari novel, menghadirkan kembali alasan dan maksud yang tersembunyi dibalik itu dengan cara membongkar novel dari aspek keagamaan Afghan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu kereligiusan masyarakat Afghanistan mencerminkan status sosial mereka. Setiap orang memiliki alasan dan tujuan pribadi menyangkut prilaku dan tindakan dalam hal berbuat kebajikan ataupun dosa, kepatuhan menjalankan tradisi dan perintah agama serta kereligiusan Taliban. Tindakan yang dilakukan karakter dalam novel merupakan eskapisme dari kepercayaan dan realita kehidupan yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:02
Last Modified: 10 Oct 2011 06:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item