Repository Universitas Andalas

THE SOCIOECONOMIC CONDITION IN AMERICA IN EARLY 1900s AS REFLECTED IN O. HENRY'S FOUR SHORT STORIES

Ayunda, Sagita (2008) THE SOCIOECONOMIC CONDITION IN AMERICA IN EARLY 1900s AS REFLECTED IN O. HENRY'S FOUR SHORT STORIES. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE SOCIOECONOMIC CONDITION IN AMERICA IN EARLY 1900s AS REFLECTED IN O. HENRY'S FOUR SHORT STORIES) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (362Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang krisis ekonomi yang terjadi di Amerika pada awal tahun 1900an yang tercermin dalam beberapa cerita pendek karya O.Henry dan penulis juga memaparkan tentang pengaruh dari sistem kapitalisme yang terdapat dalam karya sastra tersebut. Penelitian ini menggunakan teori dari ahli bernama George Lukacs yang terkenal dengan teori refleksi. Di dalam teorinya, Lukacs mengatakan bahwa literatur secara sadar atau tidak merupakan sebuah refleksi dari kehidupan sosial. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karya sastra dari O.Henry merupakan refleksi dari kehidupan Amerika pada awal tahun 1900 dan di dalamnya terdapat proses dan pengaruh dari sistem kapitalisme. Dalam karya O.Henry ini juga terlihat jelas bahwa terdapatnya dinding pembatas antara kelas atas dan kelas bawah. Kesimpulan terakhir adalah empat dari karya O.Henry adalah refleksi dari kehidupan sosial ekonomi Amerika pada awal tahun 1900.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:00
Last Modified: 06 Oct 2011 04:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item