Repository Universitas Andalas

AN ERROR ANALYSIS OF FUNCTION WORDS AS FOUND IN THE COMPOSITION OF FRESHMEN AT ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY

Novianti, Deni (2008) AN ERROR ANALYSIS OF FUNCTION WORDS AS FOUND IN THE COMPOSITION OF FRESHMEN AT ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (AN ERROR ANALYSIS OF FUNCTION WORDS AS FOUND IN THE COMPOSITION OF FRESHMEN AT ENGLISH DEPARTMENT ANDALAS UNIVERSITY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (267Kb) | Preview

Abstract

Dalam skipsi ini, penulis membahas kesilapan penggunaan Kata Fungsi (Function Words) oleh mahasiswa Sastra Inggris dalam mengarang. Kata fungsi adalah kata yang menggabungkan beberapa lexicon agar menjadi kalimat yang gramatikal tetapi hanya mempunyai sedikit makna bahkan tidak mempunyai arti. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui jenis kata fungsi yattg digunakan mahasiswa dan penyebab kesilapan yang terjadi. Data diambil dari karangan mahasiswa Sastra Inggris tingkat pertama kelas A tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 29 orang. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teori Brown (1980) untuk mengklasifikasikan jenis kesalahan, dan teori yang dikemukakan Dulay (1974) untuk menganalisa sumber kesalahan. Dalam analisis data digunakan metode distribusi menurut Sudaryanto (1993). Hasil analisis memperlihatkan bahwa ada empat bentuk kesilapan yang dilakukan mahasiswa ketika menggunakan kata fungsi dalam karangan mereka. Bentuk kesilapan dimaksudkan ialah: pelesapan (omission) 34,6 %, penambahan (addition) 7,6 %, penggatian (substitution) 50 %, dan kesalahan penyusunan (ordering) 7,6 %. Penyebab kesilapan secara garis besarnya adalah karena pengaruh dari bahasa ibu dan pengaruh dari bahasa yang sedang dipelajari. Dari 25 data yang dianalisis, ditemukan 13 kesilapan karena pengaruh dari bahasa yang sedang dipelajari yang disebut dengan developmental, 8 data disebabkan karena pengaruh dari bahasa ibu yang disebut interference, dan 4 data yang tidak disebabkan oleh bahasa yang sedang dipelajari ataupun bahasa ibu yang disebut unik (unique).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:00
Last Modified: 06 Oct 2011 06:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item