Repository Universitas Andalas

THE DECONSTRUCTION OF ECONOMIC RESISTANCE OF PAISANO PEOPLE TOWARD AMERICAN CAPITALISM IN JOHN STEINBECK'S "TORTILLA FLAT"

Rizano, Angga (2008) THE DECONSTRUCTION OF ECONOMIC RESISTANCE OF PAISANO PEOPLE TOWARD AMERICAN CAPITALISM IN JOHN STEINBECK'S "TORTILLA FLAT". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE DECONSTRUCTION OF ECONOMIC RESISTANCE OF PAISANO PEOPLE TOWARD AMERICAN CAPITALISM IN JOHN STEINBECK'S "TORTILLA FLAT") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis menganalisis sebuah novel Tortilla Flat karya John Steinbeck yang mengangkat kisah Danny dan kawan-kawannya sebagai orang Paisanos di pinggiran kota Monterey, California. Cerita ini tak lepas dari Kapitalisme yang berkembang sejak industrialisasi tumbuh di Amerika pada akhir 1880an. Penulis menjelaskan kontradiksi-kontradiksi teks novel Tortilla Flat dalam bentuk oposisi biner yang menggambarkan 2 hal yang saling berlawanan seperti baik/buruk, menerima/menolak dan non-konformis/konformis. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kutipan-kutipan dari data primer yaitu novel Tortilla Flat yang kemudian dianalisis dengan teori dekonstruksi Derrida. Kemudian, penulis menginvestigasi dan mengeksplorasi kontradiksi-kontaradiksi yang terdapat di dalam teks novel Tortilla Flat. Melalui pembacaan dekonstruktif, kontradiksi-kontradiksi tersebut dapat membongkar dan menghancurkan hierarki oposisi biner yang telah dibangun oleh teks itu sendiri. Sehingga dalam hal ini berlaku teks telah mendekonstruksi diri teks itu sendiri. Dalam skripsi ini, penulis akan memperlihatkan bagaimana proses itu terjadi. Dalam skripsi ini, penulis bisa menunjukkan novel yang semula ditujukan untuk menggambarkan kehidupan sekelompok orang yang bisa hidup lepas dari cengkraman kapitalisme Amerika justru juga menggambarkan sekelompok orang yang menjaga eksistensi kapitalisme Amerika. Pada akhirnya penulis memperlihatkan bagaimana kehidupan orang yang tinggal di Amerika tidak bisa lepas sepenuhnya dari kapitalisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:59
Last Modified: 11 Oct 2011 08:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item