Repository Universitas Andalas

THE DISTINCTIVE LINGUISTIC FEATURES IN BLURBS AS FOUND IN NON FICTIONS : A STYLISTIC ANALYSIS

Sari, Mezia Kemala (2008) THE DISTINCTIVE LINGUISTIC FEATURES IN BLURBS AS FOUND IN NON FICTIONS : A STYLISTIC ANALYSIS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE DISTINCTIVE LINGUISTIC FEATURES IN BLURBS AS FOUND IN NON FICTIONS : A STYLISTIC ANALYSIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (428Kb) | Preview

Abstract

Dalam tesis ini penulis mengkaji gaya bahasa yang khas dari blurb; berupa komentar-komentar yang terdapat di cover buku khususnya buku non fiksi, berdasarkan penggunaan fitur linguistik pembeda (distinctive linguistic features). Gaya bahasa blurb ini dianalisis dengan menggunakan teori stilistika yang dikemukakan oleh Peter Verdonk dan teori kohesi oleh Halliday dan Hasan. Fokus analisa terletak pada kohesi leksikal (lexical cohesion) dan referen (reference) serta menghubungkannya dengan teori stilistika yang membahas elemen linguistik dalam hal fungsi dari tujuan dan efek yang menyertainya. Metoda analisis yang digunakan adalah metoda referensial dan formal. Berdasarkan analisis maka ditemukan bahwa di dalam blurb terdapat semua unsur kohesi leksikal dan referen. Elemen yang paling signifikan adalah bentuk perulangan (repetition). Jenis referen yang paling signifikan adalah referen persona (personal reference). Bentuk leksikal lain seperti sinonim (synonym), kata umum (general word), super ordinat, kolokasi (collocation) dan referen lain seperti demonstratif dan komparatif ditemukan dalam persentase kecil. Signifikansi kemunculan elemen perulangan dan referen persona menunjukkan penulis blurb telah mengeksploitasi perangkat bahasa. Sebagai efek dari signifikansi elemen linguistik tersebut adalah mempengaruhi pemikiran para pembaca blurb untuk lebih tertarik untuk membaca buku tersebut. Sedangkan fungsi kemunculannya bagi pembaca adalah menimbulkan efek psikologi (foregrounding) yang membuat pembaca termotivasi untuk membeli buku tersebut. Hal lain yang ditemukan adalah penggunaan blurb di cover buku bertujuan komersial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:58
Last Modified: 07 Oct 2011 08:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item