Repository Universitas Andalas

Fenomena Sosial Masyarakat Minangkabau dalam lagu "Salamaik Pagi Minangkabau" Karya Agus Taher (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Nevi, Andra Mai (2008) Fenomena Sosial Masyarakat Minangkabau dalam lagu "Salamaik Pagi Minangkabau" Karya Agus Taher (Tinjauan Sosiologi Sastra). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Fenomena Sosial Masyarakat Minangkabau dalam lagu "Salamaik Pagi Minangkabau" Karya Agus Taher (Tinjauan Sosiologi Sastra)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (285Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa dalam lagu Minang modern karya Agus Taher tergambar kehidupan sosial budaya masyarakat Minangkabau dewasa ini sehingga menimbulkan ide dari pengarang untuk memunculkannya dalam sebuah karya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realita masyarakat Minangkabau dewasa ini yang terdapat dalam lagu "Salamaik Pagi Minangknbau". Penelitian ini menggunakan analisis sosiologi sastra khususnya sosiologi karya. Sosiologi karya dimaksudkan untuk melihat keterkaitan antara sebuah karya dengan realita sosial budaya masyarakat yang melahirkannya serta sejauh mana aspek sosial budaya Minangkabau yang terefleksikan dalam lagu "Salamaik Pagi Minangkabau". Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fenomena sosial masyarakat Minangkabau yang terdapat dalam lagu Salamaik Pagi Minangkabau telah jauh dari gambaran masyarakat Minangkabau pada realita sebenarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:55
Last Modified: 06 Oct 2011 03:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10759

Actions (login required)

View Item View Item