Repository Universitas Andalas

WOMAN'S STRUGGLE AGAINST PATRIARCHAL OPPRESSION AS SEEN IN ANNE BRONTE'S "THE TENANT OF WILDFELL HALL"

Oktavia, Mariah (2008) WOMAN'S STRUGGLE AGAINST PATRIARCHAL OPPRESSION AS SEEN IN ANNE BRONTE'S "THE TENANT OF WILDFELL HALL". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (WOMAN'S STRUGGLE AGAINST PATRIARCHAL OPPRESSION AS SEEN IN ANNE BRONTE'S "THE TENANT OF WILDFELL HALL") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (387Kb) | Preview

Abstract

Di dalam skripsi ini, penulis membahas tentang jenis-jenis penindasan terhadap tokoh wanita di dalam kehidupan pernikahan dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi penindasan tersebut seperti yang tergambar di dalam novel The Tenant of Wildfell Hall. Penulis juga melihat apakah penindasan yang dialami tokoh wanita merupakan cerminan kehidupan wanita pada masa Victorian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan mendeskripsikan bentuk-bentuk penindasan yang dialami oleh wanita pada masa Victorian beserta perjuangan untuk mengatasi penindasan tersebut. Penulis menerapkan metode analisis kepustakaan. Penulis menggunakan teori kritik sastra feminis, khususnya kritik perspektif feminis (peripective feminist criticism) yang dikemukakan oleh Cheri Register dan teori mimetik. Hasil akhir yang penulis peroleh dari hasil penelitian tersebut yaitu adanya penindasan terhadap tokoh wanita pada masa Victoria melalui karakter Helen di novel The Tenant of Wildfell Hall, seperti pembatasan aktivitas oleh suami Helen, penganiayaan yang dilakukan oleh suami Helen dan hak yang tidak adil terhadap Helen oleh suami Helen. Tetapi penulis menemukan usaha-uiaha yang dilakukan oleh tokoh wanita yang dianggap dapat melepaskan diri dari penindasan patriarki, yang merefleksikan tiga bentuk kriteria dalam kritik perspektif feminis, diantaranya, mengekspresikan rasa ketidaksetujuan (penolakan) terhadap penindas an yang diterima, membangun rasa persaudaruan sesama wanita dan menjauhkan diri dari si penindas. Penulis menyimpulkan bahwa Anne Bronte mulai menyuarakan isu-isu feminis melalui penggambaran tindakan tokoh wanita pada novel The Tenant of Wildfell Hall yang berhasil membebaskan diri dari kungkungan budaya patriarki dan memperoleh kebahagiaan karenanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:55
Last Modified: 06 Oct 2011 03:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item