Repository Universitas Andalas

THE ROLES OF THREE ARCHETYPAL SYMBOLS TOWARD SANTIAGO AND MANOLIN IN ERNEST HEMINGWAY'S "THE OLD MAN AND THE SEA"

Rosmaneli, Rosmaneli (2008) THE ROLES OF THREE ARCHETYPAL SYMBOLS TOWARD SANTIAGO AND MANOLIN IN ERNEST HEMINGWAY'S "THE OLD MAN AND THE SEA". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE ROLES OF THREE ARCHETYPAL SYMBOLS TOWARD SANTIAGO AND MANOLIN IN ERNEST HEMINGWAY'S "THE OLD MAN AND THE SEA") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354Kb) | Preview

Abstract

Penulis dalam penelitian ini membahas salah satu karya Ernest Hemingway yaitu The Old Man and the Sea. Tujuan penelitian ini adalah untuk membedah makna dari tiga simbol arketip yaitu; water, the wise old man dan villain yang ada dalam novel ini dan juga peranan dari simbol-simbol itu terhadap beberapa tokoh yang ada dalam novel tersebut. Dalam menganalisa makna dan peran simbol tersebut, penulis menggunakan teori arketip dengan merujuk pada teori Carl G. Jung. Teori arketip bertujuan untuk mengungkap makna yang tersembunyi dibalik simbol-simbol arketip. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan merupakan gabungan dari buku-buku dan artikel yang berhubungan dengan masalah yang dikaji penulis, baik dari media cetak maupun media elektronik. Dari penelitian ini penulis menemukan tiga simbol dominan yang terdapat dalam novel yaitu water (sea), the wise old man dan shark (villain). Penulis juga menemukan peranan dari simbol-simbol tersebut terhadap beberapa tokoh dalam novel ini, seperti peranan water (sea) terhadap Santiago yaitu sebagai sumber hidup dan tempat mencari nafkah, sedangkan peranan dari the wise old man terhadap Manolin yaitu sebagai guru yang bijaksana dalam pemberi nasehat untuk membimbingnya dalam hidup, dan yang terakhir shark (villain) berperan sebagai penghalang tujuan yang membuat Santiago lebih kuat dan lebih bijaksana dalam memaknai hidup. Keberadaan Villain (shark) justru membuat santiago belajar menjadi lebih kuat dalam mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:44
Last Modified: 12 Oct 2011 03:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item