Repository Universitas Andalas

Konflik Pilkada Langsung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2005 (Studi Kasus: Konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi Dalam Penetapan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005-2010)

RUYELLA, SONYA (2008) Konflik Pilkada Langsung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2005 (Studi Kasus: Konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi Dalam Penetapan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005-2010). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Konflik Pilkada Langsung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2005 (Studi Kasus: Konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi Dalam Penetapan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005-2010)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436Kb) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Otonomi Daerah sesuai dengan Undang-Undang 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan melalui PP NO.6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, Dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, maka dilaksanakanlah pemilihan kepala daerah secara langsung. Pemilihan kepala daerah di Sumatera Barat salah satunya berlangsung di Kabupaten Padang Pariaman. Namun pemilihan kepala daerah ini melahirkan konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi dengan KPU Padang Pariaman. KPU Padang Pariaman menolak pendaftaran pasangan bakal calon Ali Arifin dan Davip Maldian yang diusung oleh PDIP dan Partai Aliansi. Sebab menurut KPU Padang Pariaman dari pihak PDIP ditanda tangani oleh Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris sehingga tidak memenuhi syarat pendaftaran bakal calon sebagaimana yang termuat dalam UU 32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan melalui PP NO.6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, Dah Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dan menurut KPU Padang Pariaman bahwa PDIP, Partai Aliansi, dan PAN telah mendaftarkan pasangan bakal calon Muslim Kasim dan Ali Mukhni. Menanggapi hal tersebut PDIP tidak menerima keputusan tersebut karena menurut PDIP orang yang menandatangani berkas pencalonan tersebut sudah sesuai dengan -\D ART DPC PDIP dan berdasarkan rekomendasi dari DPP PDIP calon yang diusung oleh PDIP dan Koalisi Partai Politik adalah Ali Arifin dan Davip Maldian oukan Muslim Kasim dan Ali Mukhni. Kemudian DPD PAN Padang Pariaman juga menanggapi bahwa DPD PAN Padang Pariaman tidak ikut serta pendaf\ann bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman 2005-2010 karena PAN tidak mencukupi suara l5%o dan tidak pernah berkoalisi dengan Partai Politik manapun. Pada penelitian ini yang menjadi pertanyffm penelitian bagaimana penyebab konflik, bentuk konflik, dan resolusi konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi dengan KPU Padang Pariaman dalam penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005-2010,dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penyebab, bentuk, dan resolusi konflik antara PAN, PDIP, dan Partai Aliansi dengan KPU Padang Pariaman dalam penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005-2010. Pendekatan teori yang peneliti gunakan adalah teori konJlik Ted Robert Gurr dan Teori konflik politik Paul Conn dalam Ramlan Surbakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi {asus, dengan teknik pemilihan informan secara Purposif Sampling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:43
Last Modified: 07 Oct 2011 09:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item