Repository Universitas Andalas

KIPRAH H. MUHAMMAD SAID DT. TAN KABASARAN DALAM MENOLAK KRISTENISASI DI BUKITTINGGI SEBUAH BIOGRAFI ULAMA (1962-1985)

Zaman, Badruz (2008) KIPRAH H. MUHAMMAD SAID DT. TAN KABASARAN DALAM MENOLAK KRISTENISASI DI BUKITTINGGI SEBUAH BIOGRAFI ULAMA (1962-1985). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (KIPRAH H. MUHAMMAD SAID DT. TAN KABASARAN DALAM MENOLAK KRISTENISASI DI BUKITTINGGI SEBUAH BIOGRAFI ULAMA (1962-1985)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (574Kb) | Preview

Abstract

Pokok pembahasan utama dalam penelitian sejarah ini adalah tentang peranan seorang tokoh ulama di Bukittinggi dalam melakukan penolakan Kristenisasi di Bukittinggi yang bernama H. Muhammad Said Dt. Tan Kabasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam rekonstruksi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber-sumber diperoleh dengan melakukan penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan dalam bentuk wawancara dengan menggunakan metode sejarah lisan. Wawancara dilakukan terhadap orang-orang yang dekat dengan H. Muhammad Said Dt. Tan Kabasaran, yang meliputi keluarganya, teman-teman dekatnya, orang-orang yang kontra dengannya, serta wawancara langsung dengan H. Muhammad Said Dt. Tan Kabasaran itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:43
Last Modified: 11 Oct 2011 07:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item