Repository Universitas Andalas

Makna Sosial Bagi Masyarakat Penerima BLT. (Studi di: Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Kota Padang)

Anggraini, Chintya (2008) Makna Sosial Bagi Masyarakat Penerima BLT. (Studi di: Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Kota Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Makna Sosial Bagi Masyarakat Penerima BLT. (Studi di: Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344Kb) | Preview

Abstract

Banyak pihak yang menilai BLT tidak efektif dalam pelaksanaannya. Ada beberapa argumen yang menyebabkan BLT dikritik, diantaranya: BLT hanya sekedar memenuhi kebutuhan hidup sesaat karena dananya tidak digunakan untuk kegiatan produktif, BLT menimbulkan budaya malas dan ketergantungan, BLT juga dinilai sebagai sesuatu yang melestarikan budaya kemiskinan. Meskipun demikian pemberian BLT memiliki makna tersendiri bagi penerima dalam proses pemanfaatannya. Ada rnakna sosial positif bagi masyarakat penerima yang menggunakan bantuan tersebut untuk hal yang produktif dan ada makna negatif yang jika masyarakat penerima BLT menilai BLT hanya sebagai kucuran dana cuma- cuma yang dapat digunakan untuk hal-hal konsumtif. Produktif atau konsumtifirya BLT ini tergantung pada proses pemaknaan yang terbentuk pada masyarakat penerima itu sendiri untuk mengarahkan pemanfaatan dana BLT ini. Berdasarkan fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna sosial bagi masyarakat penerima BLT dan alasan yang mempengaruhi munculnya makna sosial tersebut bagi masyarakat penerima BLT. Permasalahan ini dijelaskan dengan menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik, yang menjelaskan bahwa perilaku manusia harus dilihat sebagai proses yang memungkinkan manusia membentuk dan mengatur perilaku mereka dengan mempertimbangkan ekspektasi orang lain yang menjadi mitra interaksi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi pasif dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan metode deskriptif sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai makna sosial bagi masyarakat penerima BLT. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa makna sosial bagi masyarakat penerima BLT. Makna sosial ini muncul berdasarkan pemanfaatan BLT bagi masyarakat penerima. Makna sosial tersebut adalah makna sosial dalam artian produktif dan makna sosial konsumtif. Makna sosial konsumtif terbagi atas dua bentuk yaitu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pokok dan konsumtif sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Sedangkan alasan yang mempengaruhi munculnya makna sosial tersebut adalah karena kondisi sosial ekonomi keluarga dan kondisi lingkungan para penerima BLT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:43
Last Modified: 05 Oct 2011 08:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item View Item