Repository Universitas Andalas

THE MECHANISM OF HANDLING THE INTERNAL CONFLICT OF SULLIVAN AS SEEN IN WILLIAM GIBSON'S PLAY "THE MIRACLE WORKER"

Yani, Zetri (2008) THE MECHANISM OF HANDLING THE INTERNAL CONFLICT OF SULLIVAN AS SEEN IN WILLIAM GIBSON'S PLAY "THE MIRACLE WORKER". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE MECHANISM OF HANDLING THE INTERNAL CONFLICT OF SULLIVAN AS SEEN IN WILLIAM GIBSON'S PLAY "THE MIRACLE WORKER") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas perasaan bersalah sebagai konflik batin yang terjadi dalam diri Sullivan, salah seorang tokoh yang terdapat dalam novel karya William Gibson, The Miracle Worker. Dalam menganalisa konflik tersebut, penulis menggunakan teori identitas yang dikembangkan oleh Norman N. Holland, yang merupakan turunan dari Psikoanalisis Sigmund Freud. Teori ini memiliki empat mekanisme yang mempengaruhi identitas seseorang , yaitu: Defense (semacam pembentengan diri terhadap pengaruh dari luar), Expectation (harapan dari seseorang), Fantasy (mimpi daan cita-cita seseorang) dan Transformation (perubahan yang terjadi pada seseorang) Dari penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Sullivan mencapai Fantasinya. Mekanisme Defense Sullivan mengambil peran dalam dirinya. Expectation Sullivan juga tercapai setelah muridnya mampu menyerap pelajaran yang diberikannya. Akhirnya Sullivan berhasil menjadi seorang guru yang dihormati oleh keluarga muridnya dan keluar dari rasa bersalah terhadap adiknya yang telah meninggal dunia sebagai bentuk Transformation. karena dia memiliki tujuan hidup lagi setelah berhasil mengajar muridnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:43
Last Modified: 12 Oct 2011 03:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item