Repository Universitas Andalas

Peran Tenaga Pengobat Tradisional Dalam Menangani Masalah Kesehatan di Nagari Sariak Alahan Tigo

ERMAWATI, YUNI (2008) Peran Tenaga Pengobat Tradisional Dalam Menangani Masalah Kesehatan di Nagari Sariak Alahan Tigo. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Peran Tenaga Pengobat Tradisional Dalam Menangani Masalah Kesehatan di Nagari Sariak Alahan Tigo) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (389Kb) | Preview

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia selalu berusatra untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat disegala bidang, termasuk bidang kesehatan Dalam bidang kesehatan ini pemerintah telah melalcukan berbagai hal seperti membangun sarana dan pftrsarana kesehatan, menyediakan berbagai obat serta menugaskan petups kesehatan sampai ke desa-desa dan daerah terpencil. Namun di beberapa daerah usaha yang dilalcukan oleh pemerintah ini sering mengalarni harnbatan. Tidak semua masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia tersebut dengan sebaik mungkin. Sebahagian masyarakat bahkan terlihat lebih sering menggunakan tenaga pengobat tradisional dari pada tenaga medis modem. Di sini terlihat bahwa tenaga pengobat tradisional memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat dalam menangani berbagai masalatr yang berhubungan dengan penyakit. Untuk itu pada penelitian ini akan dilihat mengenai b4gaimana persepsi rnasyarakat terhadap penyakit dan kondisi saki! apa penyebab terjadinya penyakit serta jenis-jenis penyakit menurut masyaraka! serta bagaimana peran tenaga pengobat tradisional dalam menangani masalah penyakit yang dialami oleh masyarakat tersebut. Penelititian ini dilalrukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, Data diambil melalui observasi dan wawancara. Wawancara dilalcukan terhadap l8 orang inforrnan yang terdiri atas 10 orang informan kunci (merupakan wirga masyarakat pengguna tenaga pengobat tradisional) dan 8 orang informan biasa yang terdiri atas 5 orang tenaga pengobat tradisional dan 3 orang tenaga medis modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia di nagari Sariak Alahan Tigo ini sudah tergolong cukup bailg namun masih kurang dimanfatkan oleh masyarakat. Sebahagiamn besm masyarakat lebih memilih tenaga pengobat tradisional dari pada tenaga medis modem dalam menangani masalah penyakit yang sedang mereka hadapi. Ini disebabkan oleh pengaruh dari sistem sosial budaya dan pengetahuan masyarakat, dimana masyarakat di daerah ini tergolong masyarakat yang masih homogen dan masih berpegang kepada nilai-nitai yang diwariskan oleh nenek moyang mereka Mastarakat lebih memilih berobat kepada tenaga pengobat tradisional karena menurut kepercayaan dan pengetatrrym yang mereka miliki, kenanyakan penyakit yang diderita oleh anggota kelompok mereka meropakan penyakit yang disebabkan oleh hal-hal yang bersifat gaib sehingga tidak dapat diobati oleh tenaga medis modern. Dari penelitian ini jwa diketahui bahwa seorang tenaga pengobat tradisional juga terlihat memiliki peran yang sangat pentin& diantaranya sebagai pengobat sehgai pemberi penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan penyakit, sebagai or:lng yang mernbantu memulihkan kondisi psikis pasien serta sebagai orang yang akan membantu mengembalikan kestabilan hidup dari pasiennya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:43
Last Modified: 03 Oct 2011 09:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item View Item