Repository Universitas Andalas

Busana dan Perhiasan Pengantin di Kanagarian Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (Kajian Semiotik)

PRINANDA, SEPTIA (2008) Busana dan Perhiasan Pengantin di Kanagarian Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (Kajian Semiotik). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Busana dan Perhiasan Pengantin di Kanagarian Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (Kajian Semiotik)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388Kb) | Preview

Abstract

SEPTIA PRINANDA, 2008. "Busana dan Perhiasan Pengantin di Kanagarian Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (Kajian Semiotik)". Skripsi S1 Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang. Penelitian ini didasari bahwa busana dan perhiasan pengantin masih hidup dan dipergunakan oleh masyarakat Minangkabau, khususnya Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping, walaupun busana dan perhiasan pengantin sudah banyak mengalami perubahan. Namun makna yang terkandung didalamnya tidak akan pernah berubah dan hilang. Makna yang terkandung pada busana dan perhiasan pengantin ini menjelaskan tentang aturan dan tataran hidup masyarakat Minangkabau dan juga mengandung nasehat-nasehat yang sangat berguna bagi masyarakat Minangkabau. Penelitian ini akan menganalisis unsur-unsur yang terdapat pada bentuk busana dan perhiasan pengantin dengan mengunakan teori Semiotik yang dipelopori oleh Charles Sanders Pierce. Teori Pierce mengatakan bahwa komponen dasar semiotik tidak terlepas dari tipe-tipe tanda seperti icon (tanda), indeks (isyarat), simbol (lambang) memiliki nuansa-nuansa yang dapat dibedakan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Penganalisisan data dilalkukan melalui tiga tahap, pertama pendeskripsian bentuk busana dan perhiasan pengantin, kedua fungsi dari lambang busana dan perhiasan pengantin, ketiga makna lambang busana dan perhiasan pengantin yang dianalisis melalui teori semiotik oleh Charles Sanders Pierce. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa busana dan perhiasan pengantin di Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping memiliki unsur-unsur yang dapat dijadikan simbol budaya diantaranya, saluak, kemeja, rompi, roki, celana roki, sisampiang, ikek pinggang dan keris, baju kuruang, kodek atau sarung, suntiang, kaluang, gelang, anting dan mahkota, dan alas kaki. Di dalam unsur-unsur tersebut terkandung nilai-nilai yang berupa nasehat-nasehat dan aturan-aturan serta tatanan hidup masyarakat Minangkabau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:40
Last Modified: 06 Oct 2011 07:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10821

Actions (login required)

View Item View Item