Repository Universitas Andalas

UNSUR MAGIS DALAM KABA PUTI NILAM CAYO DISUSUN OLEH SJAMSUDIN SUTAN RAJO ENDAH TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

Fatma, Suria Dewi (2008) UNSUR MAGIS DALAM KABA PUTI NILAM CAYO DISUSUN OLEH SJAMSUDIN SUTAN RAJO ENDAH TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (UNSUR MAGIS DALAM KABA PUTI NILAM CAYO DISUSUN OLEH SJAMSUDIN SUTAN RAJO ENDAH TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa dalam Kaba Puti Nilam Cayo terdapat unsur magis yang patut untuk dijadikan bahan penelitian. Hal ini menarik untuk dikaji, karena mayoritas masyarakat Minangkabau adalah beragama Islam, Sementara masih terdapat persoalan magis yang bukan ajaran dari agama Islam. Kedua persoalan ini terdapat dalam kaba Puti Nilam Cayo. Penelitian ini difokuskan pada unsur magis yang terdapat dalam kaba. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra. Sosiologi sastra adalah salah satu teori yang dalam pendekatannya mernpertimbangkan segi-segi kemasyarakatan, yaitu sejauh mana karya sastra dapat mencerminkan kehidupan masyarakat setidak-tidaknya gambaran tentang diri pribadi seseorang. Cerminan masyarakat ini didukung oleh tindakan dan aktivitas yang dilakukan, seperti percaya kepada hal yang bersifat magis di antaranya manusia keramat, tongkat keramat, naga keramat, mustika naga dan gajah keramat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, kemudian data ini dihubungkan dengan analisis struktur yang meliputi tokoh dan penokohan, latar dan alur. Analisis struktur digunakan sebagai tahap awal untuk menganalisis karakter tokoh, latar dan alur yang membangun cerita itu sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kaba ini ditulis dan diterbitkan pada masa Islam masuk ke Minangkabau, sementara cerita yang terdapat di dalam kaba tersebut mencerminkan kehidupan masyarakat pra Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:35
Last Modified: 04 Oct 2011 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item