Repository Universitas Andalas

Pembuatan dan Pengukuran Sensor Load Cell sebagai Fungsi Alat Uji Tekan Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Ihsan, Arif (2008) Pembuatan dan Pengukuran Sensor Load Cell sebagai Fungsi Alat Uji Tekan Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pembuatan dan Pengukuran Sensor Load Cell sebagai Fungsi Alat Uji Tekan Berbasis Mikrokontroler AT89S51) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229Kb) | Preview

Abstract

Alat uji tekan atau force tranduser merupakan suatu tester yang digunakan untuk mengukur suatu specimen katakanlah specimen itu adalah sebuah beton, aplikasi dari tester ini adalah untuk menguji seberapa besar pressure dari specimen tersebut, dalam konstruksi bangunan misalnya, seorang rekonstruksi butuh tester ini dalam rangka meneliti daya tekan specimen, agar nantinya tidak terjadi keretakan akibat dari ketidakmampuan suatu penyangga menahan suatu speciment yang berat. Dengan adanya tester seperti ini maka kontraklor bisa mempertimbangkan speciment jenis apa dan layakkah untuk dipergunakan. Tester ini dilengkapi dengan Load Cell konfigurasi strain gauge untuk mengetahui deformasi dari specimen tersebut, untuk di display digunakan LCD dan MC-S51. Prosesing dari tester ini adalah dengan memberikan daya atau beban yang nantinya akan menimbulkan suatu deformasi pada specimen sekaligus menimbulkan perubahan resistansi dari strain gauge yang sudah dikonfigurasikan dengan LoadCell kemudian mengeluarkan sinyal-sinyal dalam bentuk Electric Analog dan diincludekan kedalam ADC (Analog Digital Converter) untuk dirobah kedalam bentuk sinyal digital yang nantinya akan ditampilkan pada LCD dalam satuan berat (Ke).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:32
Last Modified: 04 Oct 2011 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item