Repository Universitas Andalas

DISHARMONISASI SEORANG "SENSEI" DENGAN "GAKUSEI" DALAM BOTCHAN, NOVEL KARYA NATSUME SOUSEKI; TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

Dona, Sisri (2008) DISHARMONISASI SEORANG "SENSEI" DENGAN "GAKUSEI" DALAM BOTCHAN, NOVEL KARYA NATSUME SOUSEKI; TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (DISHARMONISASI SEORANG "SENSEI" DENGAN "GAKUSEI" DALAM BOTCHAN, NOVEL KARYA NATSUME SOUSEKI; TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410Kb) | Preview

Abstract

Batchan (1906) merupakan sebuah novel Jepang karya Natsume Souseki yang menceritakan kehidupan seorang tokoh "sensei" (guru) bernama Botchan yang jujur. Kejujuran yang dimilikinya ternyata tidak disenangi oleh berbagai pihak, baik "gakusei" (siswa) maupun "sensei" yang lainnya. Namun masalah yang paling menonjol adalah konflik sosial yang terjadi antara Botchan dengan gakusei. Dengan menggunakan teori sosiologi sastra, maka dapat diketahui mengenai bentuk konflik sosial, faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkannya. Analisis novel ini dibantu dengan kajian struktural, yakni tema, tokoh atau penokohan, dan latar. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif, yakni suatu metode penelitian yang mengolah data-data sosial. Data tersebut dianalisis dengan ilmu sosiologi, lalu disajikan secara deskriptif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konflik sosial antara Botchan dengan gakusei dapat berupa ejekan, perbuatan jahil dan sebagainya. Faktor penyebab terjadinya konflik adalah karena fisik Botchan yang kecil, kejujuran dan faktor lingkungan "gakusei". Akhimya konflik sosial tersebut bemjung pada disharmonisasi yang berdampak terhadap lemahnya semangat mengajar, pulangnya Botchan ke Tokyo, rendahnya mutu pendidikan dan merosotnya nilai moral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:31
Last Modified: 04 Oct 2011 02:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item