Repository Universitas Andalas

"OEDIPUS COMPLEX" DALAM NOVEL YUME NO UKIHASHI KARYA JUNICHIRO TANIZAKI ; TINJAUAN PSIKOLOGI

Saripan, Saripan (2008) "OEDIPUS COMPLEX" DALAM NOVEL YUME NO UKIHASHI KARYA JUNICHIRO TANIZAKI ; TINJAUAN PSIKOLOGI. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF ("OEDIPUS COMPLEX" DALAM NOVEL YUME NO UKIHASHI KARYA JUNICHIRO TANIZAKI ; TINJAUAN PSIKOLOGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (331Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang kehidupan seorang tokoh di dalam novel Yumeno ukihasi yang bernama Tadasu. Tadasu mengalami krisis kejiwaan berupa obsesi oedipus complex. obsesi itu muncul kembali kepermukaan saat ia bertemu dengan ibu tirinya yang memiliki kemiripan wajah dan sifat dengan ibu kandungnya. Penulis memilih judul. "oedipus complex Tadasu" karena novel ini lebih banyak menceritakan tentang satu bentuk penyimpangan prilaku seksual yang dialami Tadasu yaitu oedipus complex. Istilah ini dipopulerkan oleh Sigmund Freud dalam teori psikoanalisisnya. oedipus complex adalah gangguan kejiwaan yang terjadi pada anak laki-laki yang mencintai dan menjadikan ibunya sebagai obyek seksualnya. Yang menjadi pertanyaan adalah: Bagaimana prilaku oedipus complex Tadasu? Apa penyebabnya? dan Bagaimana cara Tadasu menghadapinya? Penelitian ini akan mengungkap permasalahan tersebut sebagai pengetahuan bagi pembaca dan penulis sendiri. Untuk mengetahui masalah kejiwaan yang dialami Tadasu, penulis menggunakan teori Struktural Dinamik dan teori Psikoanalisis dengan tinjauan psikologi. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif untuk memperoleh data tertulis dari peristiwa yang diamati dari novel tersebut. Dari penelitian ini telah ditemukan bahwa: 1) Prilaku Tadasu terhadap ibunya tidak hanya sebatas hubungan afektif (hubungan kasih sayang) tetapi telah mengarah kepada incest (penyatuan seksual) kepada ibunya, seperti menyusu padanya, memperhatikan bagian tubuh tertentu, memijat tubuhnya dan bahkan tidak ingin menikah dengan wanita manapun kecuali bila memiliki kemiripan sifat dan wajah seperti ibunya. 2) Penyebab munculnya obsesi oedipus complex Tadasu adalah ia mengalami frustasi pada perkembangan psikoseksual di tahap falis yaitu kehilangan kontak seksual dengan ibunya, dan 3) Dalam menghadapi obsesi oedipus complexnya Tadasu menggunakan mekanisme pertahan id, ego dan superego dengan cara Penekanan (repression), Pengalihan Obyek (displacement) dan Proyeksi (projection).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:31
Last Modified: 10 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item