Repository Universitas Andalas

HIKMAH DIBALIK PERCERAIAN DALAM NOVEL KINSHU KARYA MIYAMOTO TERU; TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Hutabarat, Masraya (2008) HIKMAH DIBALIK PERCERAIAN DALAM NOVEL KINSHU KARYA MIYAMOTO TERU; TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (HIKMAH DIBALIK PERCERAIAN DALAM NOVEL KINSHU KARYA MIYAMOTO TERU; TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397Kb) | Preview

Abstract

Salah satu peranan karya sastra adalah sebagai alat penyampai nilai-nilai kemanusiaan dengan mengungkap fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Novel Kinshu adalah sebuah karya yang menceritakan kehidupan tokoh utama yang bernama Aki dan Yasuaki dalam memaknai perceraian rumah tangga mereka. Pasca perceraian, mereka menjalin persahabatan sehingga mereka merasakan hikmah dibalik perceraian. Dengan menggunakan teori struktural dinamik dan pendekatan psikologi sastra akan diungkap apa yang menjadi hikmah perceraian. Teori struktural dinamik digunakan untuk mengungkap karakter tokoh dan latar yang mempengaruhi sikap tokoh, sedangkan psikologi sastra bermanfaat untuk mengetahui hikmah dibalik perceraian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis dan perilaku yang diamati. Pada akhirnya, hikmah pereraian Aki dan Yasuaki dapat diketahui, yaitu terungkapnya penyebab perceraian yang selama ini tanda tanya bagi Aki, munculnya semangat hidup Yasuaki untuk keluar dari kegagalannya dan keberanian Aki mengambil keputusan cerai terhadap Katsunuma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:29
Last Modified: 06 Oct 2011 02:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item