Repository Universitas Andalas

THIRD AND SIXTH GRADE STUDENTS' SPEAKING FLUENCY IN "HARI BAHASA" (LANGUAGE DAY) : A CASE STUDY OF PESANTREN TERPADU SERAMBI MEKKAH

Rahmadianti , Intan (2008) THIRD AND SIXTH GRADE STUDENTS' SPEAKING FLUENCY IN "HARI BAHASA" (LANGUAGE DAY) : A CASE STUDY OF PESANTREN TERPADU SERAMBI MEKKAH. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THIRD AND SIXTH GRADE STUDENTS' SPEAKING FLUENCY IN "HARI BAHASA" (LANGUAGE DAY) : A CASE STUDY OF PESANTREN TERPADU SERAMBI MEKKAH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (594Kb) | Preview

Abstract

Melalui skripsi ini penulis membahas kelancaran berbicara Bahasa Inggris murid Pesantren Terpadu Serambi Mekkah (PTSM) yang terlibat dalam Hari Bahasa. Penulis melihat seberapa jauh perbedaan kelancaran berbahasa Inggris antara murid kelas enam dan kelas tiga. Selanjutnya dari hasil yang diperoleh, dihubungkan dengan Hari Bahasa yang melatar belakangi kelancaran berbahasa Inggris murid-murid tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada tiga orang murid kelas enam dan tiga orang murid kelas tiga PTSM yang memiliki kelancaran berbahasa inggris terbaik. Diasumsikan bahwa murid kelas enam memiliki kelancaran Bahasa Inggris yang lebih dari murid kelas tiga. Data didapatkan dengan merekam pembicaraan murid, pemberian kuesioner dan observasi langsung. Setelah data direkam, kemudian ditranskripsikan dengan menggunakan Teori Pengukuran Kelancaran Berbicara yang diperkenalkan oleh Ellis dan Barkhuizen (2005). Dari hasil penelitian didapati bahwa kedua kelompok murid yang diasumsikan kelancaran Bahasa Inggrisnya berbeda memiliki kelancaran berbicara Bahasa Inggris yang relatif sama. Dari segi kecepatan berbicara murid kealas enam lebih unggul namun dari segi keraguan untuk berbicara mereka membuat banyak keraguan, seperti kesalahan mulai, pengulangan, pembentukan ulang dan penggantian. Sementara di sisi lain, murid kelas tiga cenderung berbicara lebih lambat untuk menghindari mereka dari berbuat banyak keraguan. Ditemukan juga bahwa perhatian murid terhadap pentingnya Hari Bahasa untuk membantu mereka berbicara Bahasa Inggris dengan lancar merupakan faktor pendorong agar mereka merasakan pengaruh Hari Bahasa itu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:26
Last Modified: 10 Oct 2011 03:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10902

Actions (login required)

View Item View Item