Repository Universitas Andalas

THE PSYCHOANALYSIS ON THE MAIN CHARACTER OF ROBERT LOUIS STEVENSON'S THE STRANGE CASE OF DR. JEKYLL AND MR. HYDE

Adinda, Tiara (2008) THE PSYCHOANALYSIS ON THE MAIN CHARACTER OF ROBERT LOUIS STEVENSON'S THE STRANGE CASE OF DR. JEKYLL AND MR. HYDE. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE PSYCHOANALYSIS ON THE MAIN CHARACTER OF ROBERT LOUIS STEVENSON'S THE STRANGE CASE OF DR. JEKYLL AND MR. HYDE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (253Kb) | Preview

Abstract

Dalam skrispsi ini dibahas tentang keberadaan konflik psikologi yang terjadi pada karakter utama pada novel karya Robert Louis Stevenson yang berjudul The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde, yang menceritakan tentang konflik pribadi dari karakter utama yang percaya bahwa ada dua kepribadian di tiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Id, Superego dan Ego berpengaruh pada setiap perilakunya, alasan-alasan dia melakukan hal tersebut dan efeknya kepada dirinya serta lingkungannya. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dan metode deskripsi. Dengan adanya konflik-konflik yang berhubungan dengan proses psikologi pada tokoh Henry Jekyll atau Edward Hyde (yang merupakan satu orang dengan kepribadian yang berbeda), penulis mengaplikasikan teori Sigmund Freud kepada tokoh-tokoh utama dalam novel ini. Dalam teori Sigmund Freud dikemukakan bahwa ada tiga sistem dari proses psikologi manusia yang bekerja sama dalam membentuk tingkah laku manusia yang kompleks, yaitu Id, Superego dan Ego. Dengan mengaplikasikan teori ini, penulis menemukan bahwa setiap prilaku tokoh utama dalam novel ini merupakan perpaduan dari Id, Superego dan Ego dalam merefleksikan karakternya. Serta penulis bisa mengetahui alasan-alasan serta efek dari apa yang telah karakter utama ini lakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:26
Last Modified: 05 Oct 2011 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item