Repository Universitas Andalas

THE DISCRIMINATION TOWARD NATIVE AMERICAN BY THE WHITE PEOPLE IN STEINBECK'S NOVEL "THE PEARL"

Caveline, Lady Ayuanda (2008) THE DISCRIMINATION TOWARD NATIVE AMERICAN BY THE WHITE PEOPLE IN STEINBECK'S NOVEL "THE PEARL". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE DISCRIMINATION TOWARD NATIVE AMERICAN BY THE WHITE PEOPLE IN STEINBECK'S NOVEL "THE PEARL") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa novel The Pearl yang bercerita tentang diskriminasi terhadap penduduk asli Amerika. Khususnya suku Indian. Penelitian ini membahas masalah sosial pada awal abad ke-20. Permasalahan yang dibahas dalam novel ini adalah bagaimana karakter utama didiskriminasikan oleh orang kulit putih khususnya dalam bidang ketimpangan ekonomi. Dalam menganalisa novel ini, penulis menggunakan teori sosiologi sastra, khususnya perspektif pertama yang melihat karya sastra sebagai dokumentasi sosial. Penulis menggunakan pendekatan sosiologi untuk mengetahui permasalahan yang terkait dalam kehidupan sosial. Kemudian, penulis menggunakan metode kualitatif dimana hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk deskriptif, berupa kata-kata atau kutipan dari novel dan sumber-sumber yang terkait dengan masalah diskriminasi sosial terhadap Indian di Amerika pada abad ke-20. Permasalahan yang dibahas dalam novel ini adalah bagaimana karakter utama didiskriminasikan oleh orang kulit putih. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk melihat adanya perlakuan diskriminasi terhadap suku Indian didalam novel yang dapat dilihat dari beberapa karakter yang ada didalam novel ini. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penduduk asli Amerika (indian) terutama karakter utama mendapatkan perlakuan diskriminatif dari orang-orang kulit putih di dalam berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Karakter utama yang diperlakukan tidak adil oleh orang-orang kulit putih dengan cara menipu, membunuh, dan mencuri hak-hak dari karakter tersebut. Adapun usaha karakter utama untuk menghadapi perlakuan diskriminasi itu yaitu dengan cara bekerja keras untuk mengumpulkan uang dan mempertahankan hak miliknya, serta merencanakan pendidikan untuk masa depan anaknya sehingga mendapatkan hak-haknya kembali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wacana baru juga sumbangan pada pembaca tentang masalah diskriminasi didalam kehidupan nyata dan bagaimana hubungannya dengan sebuah karya satra, khususnya novel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:25
Last Modified: 27 Sep 2011 06:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item