Repository Universitas Andalas

AN ANALYSIS OF IMPLICATURE AS FOUND IN LAUGH IT UP COLUMN IN COOL 'n SMART (C'nS) MAGAZINE

Safitri, Medina (2008) AN ANALYSIS OF IMPLICATURE AS FOUND IN LAUGH IT UP COLUMN IN COOL 'n SMART (C'nS) MAGAZINE. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (AN ANALYSIS OF IMPLICATURE AS FOUND IN LAUGH IT UP COLUMN IN COOL 'n SMART (C'nS) MAGAZINE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329Kb) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas implikasi ujaran di dalam percakapan sebagai bentuk pelanggaran (violation) terhadap maksim-maksim Grice dari implikatur percakapan (Conversational implicature) yang terdapat dalam kolom Laugh It Up pad amajalah C'nS. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan berpedoman pada teori dasar kerja sama (Cooperative Principle) yang dikemukakan oleh Grice tentang maksim (Grice's Maxims - Conversational implicature (1975)) yaitu maksim kuantitas (maxim of quantity), maksim kualitas (maxim of quality), maksim hubungan (maxim of relation) dan maksim cara berbicara (maxim of manner). Data yang dianalisis berjumlah lima belas buah. Data tersebut dikumpulkan kemudian diklasifikasi dan diinterpretasikan implikatur yang terdapat di dalamnya dengan metode padan pragmatik. Ujaran-ujaran yang terdapat dalam teks tersebut diinterpretasikan dengan menggunakan konteks. Hasil analisis data disajikan dengan menggunakan bahasa verbal dan tabel. Dari analisis data yang dilakukan ditemukan sebelas teks yang melanggar maksim kuantitas, tiga teks melanggar maksim kualitas, tiga teks melanggar maksim hubungan, enam teks melanggar maksim cara berbicara dan enam teks diantaranya menggunakan ironi. Pelanggaran maksim-maksim ini mengakibatkan makna menjadi lelucon (jokes). Pelanggaran terhadap maksim kuantitas paling banyak ditemukan karena si pembicara atau si pendengar cenderung memberi informasi melebihi yang dibutuhkan atau bahkan memberi informasi kurang dari yang diharapkan. Akibatnya makna yang disampaikan menjadi lucu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:19
Last Modified: 07 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item