Repository Universitas Andalas

Penggunaan Argot oleh Anggota Buser (Buru Sergap) Polsek Padang Utara melalui HT (Handly Talky)

Khairina, Ellya (2008) Penggunaan Argot oleh Anggota Buser (Buru Sergap) Polsek Padang Utara melalui HT (Handly Talky). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Penggunaan Argot oleh Anggota Buser (Buru Sergap) Polsek Padang Utara melalui HT (Handly Talky)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Anggota Buser (Buru Sergap) Polsek Padang Utara menggunakan bahasa rahasia ketika berkomunikasi melalui HT (Handly Talfu). Bahasa rahasia yang mereka gunakan disebut dengan argot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk argot serta menjelaskan perubahan makna yang terj adi sehingga terbenhrknya argot. Metode yang digunakan pada tahap penyediaan data adalah metode simak, dengan teknik dasarnya teknik sadap. Unhrk teknik lanjutan digunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Dalam menganalisis data digunakan metode padan referensial dengan teknik dasarnya teknik Pilah Unsw Penentu (PUP) dan teknik lanjutannya teknik Hubung Banding Memperbedaakan (HBB). Pada tahap penyediaan data digunakan metode formal dan informal. Anggota buser Polsek Padang Utara menggunakan argot dalam tuturannya melalui HT. Argot-argot yang mereka gunakan dalam tuturannya berjumlah 49 argot. Argot-argot tersebut terbentuk setelah terjadi perubahan makna secara total, adanya penyingkatan, dan kebutuhan akan kata-kata baru. Argot yang terbentuk karena te{adinya perubahan rnakna secara total be4umlah 20 argot, karena penyingkatan berjurnlah 8 argot, dan karena kebutuhan akan kata-kata baru sebanyak 2l argot yang mempakan argot terbanyak yang digrrnakan cleh Anggota Buser Polsek Padang Utara melalui HT. Argot-argot tersebut tercipta karena kekreatifan mereka dalam berkomunikasi, sebab ada beberapa argot yang merupakan kata-kata yang mereka ciptakan sendiri. Kata-kata tersebut kebanyakan merupakan kata-kata baru yang tercipta karena kebutuhan mereka akan bahasa yang tujuannya'agar tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:23
Last Modified: 05 Oct 2011 02:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item