Repository Universitas Andalas

CODE SWITCHING USED BY ENGLISH LECTURERS DURING TEACHING AS FOUND IN PADANG STATE UNIVERSITY

Fhitri, Widya (2008) CODE SWITCHING USED BY ENGLISH LECTURERS DURING TEACHING AS FOUND IN PADANG STATE UNIVERSITY. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (CODE SWITCHING USED BY ENGLISH LECTURERS DURING TEACHING AS FOUND IN PADANG STATE UNIVERSITY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (425Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah kajian tipe-tipe alih kode dan alasan-alasan dosen menggunakan alih kode tersebut yang didasarkan pada teori Wardhaugh dan didukung oleh Gumperz. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode lapangan, dengan beberapa langkah, yaitu: mengikuti perkuliahan, teknik perekaman, pencatatan lapangan dan wawancara. Dari dua puluh data yang dikaji, ditemukan tiga tipe alih kode. Tipe konversasi merupakan tipe alih kode yang sering muncul, diikuti oleh tipe situasional dan metaforis. Di samping itu, ditemukan tujuh alasan penggunaan alih kode oleh dosen dalam proses belajar-mengajar, yaitu pengaruh mahasiswa yang lebih dahulu menggunakan bahasa Indonesia, ketidakpahaman mahasiswa terhadap penjelasan dosen, penekanan terhadap pernyataan sebelumnya, pencarian perhatian dari mahasiswa dikarenakan mereka membuat keributan di kelas, pencairan suasana yang tegang dengan sedikit gurauan, lupanya beberapa istilah dalam bahasa Inggris dan tidak adanya padanan kata dalam bahasa Inggris saat pemberian contoh pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:22
Last Modified: 04 Oct 2011 09:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item