Repository Universitas Andalas

CODE-SWITCHING USED BY THE INSTRUCTORS AT THE INDONESIAN-AMERICAN LANGUAGE INSTITUTE (LBPP-LIA) BUKITTINGGI

Herman, Vebiola (2008) CODE-SWITCHING USED BY THE INSTRUCTORS AT THE INDONESIAN-AMERICAN LANGUAGE INSTITUTE (LBPP-LIA) BUKITTINGGI. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (CODE-SWITCHING USED BY THE INSTRUCTORS AT THE INDONESIAN-AMERICAN LANGUAGE INSTITUTE (LBPP-LIA) BUKITTINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374Kb) | Preview

Abstract

Di dalam skripsi ini, penulis membahas tentang perubahan penggunaan bahasa yang disebut dengan alih kode. Tulisan ini difokuskan pada tipe, alasan yang memotivasi penutur dalam menggunakan pengalihan bahasa dan jenis alih kode yang paling dominan digunakan oleh penutut. Salah satu bentuk alih kode terjadi di lembaga pengajaran bahasa asing, Lembaga Bahasa Pendidikan Profesional LIA (LBPP-LIA) Afiliasi Bukittinggi khususnya pada kelas level pertama, kelas English for Teenager. Pada kelas tersebut pengalihan bahasa Inggris sebagai bahasa asing ke Bahasa Indonesia sering terjadi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori Wardaugh pada tipe- tipe alih kode yang digunakan sedangkan untuk alasan yang memotivasi penggunaan alih kode penulis menggunakan teori Hoffman. Proses pengumpulan data yang digunakan yaitu metode obsevasi kelas, teknik perekaman (recording technique), pencatatan (note taking technique) dan wawancara. Dari hasil analisis terbukti bahwa terdapat beberapa tipe alih kode yang digunakan oleh staf pengajar di lembaga tersebut yaitu situational code switching, metaphorical code switching dan conversational code switching. Kemunculan yang ditemukan dalam bentuk situational code switching sebanyak 45 %, dalam bentuk metaphorical code switching sebanyak 35 % dan dalam bentuk conversational code switching sebanyak 20 %. Maka situational code switching adalah tipe alih kode yang paling sering terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. selanjutnya faktor-faktor penyebab penggunaan alih kode yang ditemukan yaitu disebabkan oleh faktor situasi (situational factor) dan faktor perseorangan (personal factor). Sedangkan faktor konteks (contextual factor) tidak ditemukan dalam analisis ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:22
Last Modified: 05 Oct 2011 03:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item