Repository Universitas Andalas

Senses and Meaning Analysis of Synaesthetic Metapgors in The Novel "Harry Potter and The Goblet of Fire"

Khairat, Hidayati (2008) Senses and Meaning Analysis of Synaesthetic Metapgors in The Novel "Harry Potter and The Goblet of Fire". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Senses and Meaning Analysis of Synaesthetic Metapgors in The Novel "Harry Potter and The Goblet of Fire") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis membahas cerapan indra dan makna metafora sinestetik yang ditemukan di dalam teks novel 'Harry Potter and the Goblet of Fire' karya J.K.Rowling. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan m&cam-macam perpindahan pengalaman dari satu cerapan indra ke cerapan indra yang lain dan makna metafora sinestetik yang terdapat dalam novel tersebut. Untuk penelitian ini, data yang di analisis sebanyak 15 data. Teori penelitian ini mengacu pada gabungan teori yang dikemukakan oleh Ullmann dan Day yang membagi jenis cerapan indra menjadi enarn. Adapun rnakna dari metafora sinestetik itu diinterpretasikan dengan menggunakan prinsip-prinsip interpretasi metafora yang dikemukakan oleh Searle. Selain itu, makna metafora sinestetik itu juga ditentukan oleh konteks situasi dalam kalimat itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan bahwa metafora sinestetik yang paling sering muncul adalah jenis perpindahan cerapan pengalaman indra peraba ke indra pendengaran (touch to sound). Jenis metafora sinestetik ini muncul sebanyak 4 metafora sinestetik atau sebesar 26, 7 Vo. Penggunaan jenis metafora sinestetik ini lebih sering dibutuhkan oleh penulis novel untuk mengekspresikan maksudnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:22
Last Modified: 05 Oct 2011 02:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item