Repository Universitas Andalas

Komunikasi Potitik di Lapau-lapau Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Reski, Reski (2008) Komunikasi Potitik di Lapau-lapau Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Komunikasi Potitik di Lapau-lapau Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (407Kb) | Preview

Abstract

Komunikasi politik merupakan lapangan wewenang lembaga- lembaga terspesialisasi seperti partai politik, media massa badan-badan infonnasi pemerintah serta lembaga formal lainnya. Namun, pada masyarakat Minangkabau adanya fenomena komunikasi politik yang terjadi di lapau-lapau yang merupakan lembaga non formal. sehingga lapau meupakan salah satu saftlna komunikasi politik. Komunikasi politik di lapau merupakan gambaran politik real (nyata) masyakat pada tingkat bawatr. Komunikasi politik yang dilakukan oleh lembaga formal d"n non fomal tersebut mempunyai bentuk dan pesan-politik yang akan disampaikan kepada komunikaonva dalam mencapai tujuannya- penelitian ini bertujuan unfuk mendeskripsikan tentang komunikasi politik yang terjadi di laiau- lapaunagari Simabur. Dalam penelitian ini peaulis meng$makan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilatnrkan d.nge observasi dan wawancara seme,lrtara teknik keabsahan data yang digrnakan peneliti memakai proses triangulasi sumber data pemiiihan informan dilakukan dengan teknik. purposive sampling. Hasil penelitian yang di dapat menuqiukkan bentuk komunikasi politik yang terjadi di lapau-Iapau nagari simabur adalah: pertama, komunikasi politik kontak langnmg yakni dilakukan dengan tatap muka Kedua, komunikasi ddak langsrrng yang menggunakan media yaitunya: (1). Media Televisi. (2). Media cetak. Dimana kedua'media tersebrrt merupatrm sumber infomasi politik bagi masyarakat dalam melalerkan komunikasi politik di lapau. sedangkan pesan politik yang disampaikan kepada komunikan berhubungan dengan pola-pola komuriikasi politik yang tedadi di lapauJapau nagari simabur yaitu pola komunikasi politik aua arau (ert kepada masyapkat atau sebaliknya) Komunikasi di lapau yang tidak terorganisir agar dijadikan komunikasi politik yang bermanfaat sebagai saraoa sosialisasi politik pada m asyarakat tingkat bawah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:21
Last Modified: 10 Oct 2011 07:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item