Repository Universitas Andalas

TYPOLOGY OF CONSTRAINTS AND CAUSAL VARIABLES ON CODE-MIXING AS FOUND IN FRIENDSTER'S TESTIMONIALS

Yanti, Sari Nofrima (2008) TYPOLOGY OF CONSTRAINTS AND CAUSAL VARIABLES ON CODE-MIXING AS FOUND IN FRIENDSTER'S TESTIMONIALS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (TYPOLOGY OF CONSTRAINTS AND CAUSAL VARIABLES ON CODE-MIXING AS FOUND IN FRIENDSTER'S TESTIMONIALS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (302Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah kajian tipe-tipe campur kode yang didasarkan pada ciri-ciri pembatasnya, untuk menemukan apa saja ciri-ciri pembatas campur kode yang terdapat dalam testimonial pada situs Friendster. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode non-participant observation, teknik mencari dan menyalin dan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode padan intralingual. Analisis data mengacu pada tipologi campur kode dari testimonial yang memunculkan ciri-ciri pembatas. Campur kode ini terjadi dalam bahasa Indonesia (dialek Jakarta) dengan bahasa Inggris dan dianalisa berdasarkan typology of code-mixing oleh Kachru. Dari 15 kalimat yang dikaji, ditemukan 4 kategori dalam bentuk rank shifi constraint, conjunction constraint, determiner constraint, dan complementizer constraint dengan distribusi kemunculan yang berbeda-beda. Disamping itu ditemukan 4 alasan penggunaan campur kode pada testimonial, yaitu untuk lebih mendalami kedua bahasa, mengikuti perkembangan kebahasaan yang terjadi di masyarakat, menunjukkan keakraban atau kekompakan dan sebagai suatu kebanggaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:19
Last Modified: 12 Oct 2011 03:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10971

Actions (login required)

View Item View Item