Repository Universitas Andalas

Peranan Bappeda Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penyusunan RPTD (Rencana Pembangunan Tahunan Daerah) tahun 2009

Dela, Yanelza (2008) Peranan Bappeda Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penyusunan RPTD (Rencana Pembangunan Tahunan Daerah) tahun 2009. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Peranan Bappeda Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penyusunan RPTD (Rencana Pembangunan Tahunan Daerah) tahun 2009) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (684Kb) | Preview

Abstract

Hampir disetiap negara berkembang, termasuk Indonesia pembangunan selalu diarahkan pada upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu dalam pembangunan diperlukan sebuah perencanaan yang baik agar menghasilkan pembangunan yang berkualitas. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Perencanaan Pembangunan Daerah adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu. Sebagai salah satu Kabupaten di Sumatera Barat, yang selama empat tahun terakhir dan bahkan sampai tahun 2009, anggaran pendapatan dan belanja daerahnya memperlihatkan perkembangan kenaikan melebihi 100 % atau kenaikan rata-rata diatas 50 Milyar setahun. Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Bappeda (badan perencanaan pembangunan daerah) yang memiliki kedudukan unsur penunjang pemerintah daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah tentunya harus dapat menerapkan empat prinsip perencanaan pembangunan daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah agar tidak terjadi bermacam permasalahan salah satunya yaitu inkonsistensi antar dokumen perencanaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk didapatkan pemahaman serta gambaran mengenai peranan Bappeda Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penyusunan (RPTD) Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:17
Last Modified: 03 Oct 2011 07:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item