Repository Universitas Andalas

UPACARA ARAK CENDANA PADA KOMUNITAS KETURUNAN INDIA DI KELURAHAN PASA GADANG KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG

Yusmaini, Rika (2008) UPACARA ARAK CENDANA PADA KOMUNITAS KETURUNAN INDIA DI KELURAHAN PASA GADANG KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (UPACARA ARAK CENDANA PADA KOMUNITAS KETURUNAN INDIA DI KELURAHAN PASA GADANG KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (541Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan upacara arak cendana pada komunitas keturunan India di kota Padang. Upacara ini bertujuan untuk memperingati hari kematian (haul) Imam Shahul Hameed yang mereka anggap sebagai wali Allah SWT yang agung. Upacra ini dilaksanakan pada setiap malam 10 Jumadil Akhir karena adanya nilai-nilai yang terkandung di dalam upacara arak cendana yang fungsional bagi masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan fungsi upacara arak cendana bagi komunitas keturunan India di kota Padang. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pelaksanaan upacara arak cendana tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:17
Last Modified: 12 Oct 2011 02:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item