Repository Universitas Andalas

Pengembangan Jaringan LAN di SMAN 2 Payakumbuh serta Implementasi Pengaturan Bandwidth Menggunakan Mikrotik

Chandra, Aditia (2008) Pengembangan Jaringan LAN di SMAN 2 Payakumbuh serta Implementasi Pengaturan Bandwidth Menggunakan Mikrotik. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengembangan Jaringan LAN di SMAN 2 Payakumbuh serta Implementasi Pengaturan Bandwidth Menggunakan Mikrotik) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370Kb) | Preview

Abstract

LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umrxnnya dibatasi oleh area lingkungan seperti tiap-tiap ruimgan pada sebuah sekolah. Mikrotik RouteroS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network routers. .Dengan sistem operasi iru, kita dapat membuat router dari kcmputer rumahan (PC). Karena selama ini jaringan LAN yang tersedia masih sangat terbatas daa penggtmaan baudwidth yang tidak teratur, maka pada tugas akhir ini dirancanglah sebuah jaringan LAN yang lebih luas dan lebih efektif digunakan di SMAN 2 Payakumbuh. Untuk menjaga kanyamanan peilgguna Intemet, dirancanglah manajemen bwrdwidlk yang mengatur bandwidth komputer masing-masing ha st I us er menggunakan Mikrotik Router0S. Jaringan LAN yang dibangun menggunakan topologi star karena sesuai dengan letak dan su$lnan ruangan yang berjauhan dan tidak teratur. Manajemen bandwidth berfirngsi untuk bsndwidth komputer masing-masing hostluser agar mendapatkan kadar bandwidth yang sama rata, sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tarnbahan tugas akhir, dibangun proxy server yang berfungsi un*k memblok situs-situs yang dianggap tidak penting atau terlarang bagi siswa- siswi SMA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:11
Last Modified: 27 Sep 2011 06:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item View Item