Repository Universitas Andalas

RELASI SOSIAL ANTARA PENGAMPO DAN PEMILIK LAHAN GAMBIR DI NAGARI SOLOK BIO-BIO KECAMATAN HARAU KABUPATEN 50 KOTA

Rahmadayanti, Fitri (2008) RELASI SOSIAL ANTARA PENGAMPO DAN PEMILIK LAHAN GAMBIR DI NAGARI SOLOK BIO-BIO KECAMATAN HARAU KABUPATEN 50 KOTA. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (RELASI SOSIAL ANTARA PENGAMPO DAN PEMILIK LAHAN GAMBIR DI NAGARI SOLOK BIO-BIO KECAMATAN HARAU KABUPATEN 50 KOTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467Kb) | Preview

Abstract

Gambir merupakan salah satu tanaman indeginius dan spesifik andalan Sumatera Barat. Namun prospek yang baik terhadap permintaan gambir belum disertai dengan peningkatan produktivitas, mutu dan pendapatan petani. Hal ini diduga disebabkan karena terbatasnya informasi mengenai pengolahannya dan modal untuk pengembangan usaha tani ini. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian diskriptif. Dalam mengumpulakan data digunakan teknik wawancara tidak berstruktur. Unit analisis adalah yang yang terlibat langsung dalam usaha tani ini. Informan penelitian adalah pengampo dan pemilik lahan. Data yang didapat dianalisis dengan teknik triangulasi pada sekitar informan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa : kerjasama yang tercipta antara pengampo dengan pemilik lahan berlangsung terus-menerus. Hubungan ini didasarkan pada hubungan kekerabata antara pemilik lahan dengan pengampo. Dan tidak ada organisasi formal yang mengikat hubungan ini. Hubungan ini akan berakhir apabila kegiatan mengampo selesai. Hubungan ini secara signifikan menjelaskan langgengnya pengampo kepada pemilik lahan secara terus menerus. Sehingga proses ini telah menyebabkan pengampo terkukung hidupnya dan sulit menghindar dari hubungan yang terjalin. Penyebab pengampo tidak bisa keluar dari hubungan ini tidak saja disebabkan oleh faktor dari pemilik lahan sendiri tapi juga oleh faktor dari dalam diri pengampo itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:29
Last Modified: 10 Oct 2011 03:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item