Repository Universitas Andalas

Dinamika Rumah Tangga Perkawinan Antar Umat Beragama di Kelompok Etnis Tionghoa Kota Padang

Rahman, Mayka (2008) Dinamika Rumah Tangga Perkawinan Antar Umat Beragama di Kelompok Etnis Tionghoa Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Dinamika Rumah Tangga Perkawinan Antar Umat Beragama di Kelompok Etnis Tionghoa Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602Kb) | Preview

Abstract

Perkawinan adalah salah satu peristiwa lingkar hidup yang harus dilalui oleh setiap manusia. Pada masyarakat Tionghoa, perkawinan yang ideal adalah perkawinan pasangan berasal dari etnis Tionghoa, seperti masyarakat Indonesia lainnya masyarakat etnis Tionghoa tidak hanya memeluk satu agama, sebahagian besar masyarakat etnis Tionghoa memeluk agama Konghucu, namun ada juga yang memeluk agama lainya seperti Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu dan Budha. Perkawinan ideal pada masyarakat Tionghoa masih sangat diharapkan hal ini menyebabkan terjadinya perkawinan antar umat beragama tidak dapat dihindarkan. Walaupun setiap pasangan perkawinan berasal dari suku bangsa yang sama namun perbedaan antar agama antar pasangan menimbulkan dinamika tersendiri dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:28
Last Modified: 10 Oct 2011 03:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item