Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN LIMBAH CAIR INDUSTRI DENGAN CARBON AKTIF BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN PLC)

Fajri, Adri Hanif (2008) RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN LIMBAH CAIR INDUSTRI DENGAN CARBON AKTIF BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN PLC). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN LIMBAH CAIR INDUSTRI DENGAN CARBON AKTIF BERBASIS PLC (PEMOGRAMAN PLC)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (273Kb) | Preview

Abstract

Rancang Bangun Sistem Pengendalian Limbah Cair Industri dengan Carbon Aktif Berbasis PLC ini merupakan perancangan sebuah peralatan pengendalian limbah yang digunakan untuk mengolah limbah sisa hasil proses industri sebelum limbah tersebut dilepas ke lingkungan. Agar limbah sisa hasil sebuah proses industri ini tidak berbahaya lagi terhadap lingkungan. Peralatan ini menggunakan karbon aktif sebagai salah satu bahan penyaring multi medianya. Proses yang dimiliki peralatan ini antara lain, air limbah ditampung pada bak penampungan, selanjutnya dipompakan menuju bak pengadukan. Pada bak pengadukan ini air limbah akan diaduk dan dipanaskan, setelah itu air limbah dialirkan menuju bak penyaringan. Pada bak penyaringan ini air limbah akan dilakukan penyaringan. Untuk mengendalikan proses - proses tersebut digunakanlah PLC (Programable Logic Control) sebagai pengontrol dari tahapan proses yang dimiliki peralatan ini. Pemograman terhadap PLC dilakukan dengan dua cara diantaranya dengan menggunakan consule dan menggunakan PC (Personal Computer). Pada laporan ini akan dibahas pemograman terhadap PLC yang akan digunakan dalam pengontrolan peralatan pengendalian limbah cair industri dengan karbon aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:01
Last Modified: 04 Oct 2011 03:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item