Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN KONTROL UNIT 6 PULSA UNTUK THYRISTOR PADA RANGKAIAN PENYEARAH JEMBATAN TIGA FASA BERBASIS MIKROKONTROLER

Ramal, Septa (2008) PEMBUATAN KONTROL UNIT 6 PULSA UNTUK THYRISTOR PADA RANGKAIAN PENYEARAH JEMBATAN TIGA FASA BERBASIS MIKROKONTROLER. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN KONTROL UNIT 6 PULSA UNTUK THYRISTOR PADA RANGKAIAN PENYEARAH JEMBATAN TIGA FASA BERBASIS MIKROKONTROLER) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (316Kb) | Preview

Abstract

Control unit digunakan untuk membangkitkan sinyal trigger terhadap gerbang thyristor, komponen elektronika yang membutuhkan sinyal trigger seperti pada triac, diac, dan sebagainya agar bisa bekerja dan dapat dikendalikan. Control unit yang ada di laboratorium listrik saat ini menggunakan trafo pulsa sebagai isoiasi tegangan, dan trafo ini sudah banyak yang rusak, yang mengakibatkan control unit tersebut tidak dapat digunakan lagi. Oleh sebab itu dibuat sebuah control unit baru. Dalam pembuatan kontrol unit ini menggunakan metoda alpha (o) yang terdiri dari rangkaian zero crossing, rangkaian mikrokontroller dan rangkaian penyalaan yang menggunakan optocoupler. Control unit ini dapat diatur berdasarkan perubahan tegangan yang di set oleh potensiometer. Besarnya tegangan masukan maksimal adalah 22 V AC. Pengaturan sudut penyalaan dapat diatur dalam interval 0' - 180'. Diharapkan control unit ini mampu menghasilkan penyearahan gelombang penuh 3 fasa terkendali yang sempurna serta dapat mengatasi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:00
Last Modified: 10 Oct 2011 07:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item