Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN DAN PEMBUATAN INVERTER DC KE AC UNTUK PENERANGAN DAN ALAT RUMAH TANGGA DENGAN DAYA 1000 WATT

Tajriyan, Cadiral (2008) PERENCANAAN DAN PEMBUATAN INVERTER DC KE AC UNTUK PENERANGAN DAN ALAT RUMAH TANGGA DENGAN DAYA 1000 WATT. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN DAN PEMBUATAN INVERTER DC KE AC UNTUK PENERANGAN DAN ALAT RUMAH TANGGA DENGAN DAYA 1000 WATT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (246Kb) | Preview

Abstract

Inverter merupakan suatu alat yang bisa menghasilkan arus listrik seperti yang dihasilkan PLN. Alat ini terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi mengubah tegangan DC yang dihasilkan battery menjadi tegangan AC 220 Volt, yang dapat dioperasikan pada peralatan rumah tangga pengganti dari arus PLN yang padam karna ada gangguan listrik. Pada inverter terdapat trafo step up yang berfungsi menaikkan tegangan yang dihasilkan oleh battery dan selanjutnya tegangan yang sudah dinaikkan itu akan diubah menjadi tegangan AC oleh Inverter dan disinilah terjadinya konversi daya yaitu berubahnya tegangan DC yang dihasilkan battery menjadi tegangan AC. Agar frekuensi pada alat ini tetap maka digunakan IC untuk mengontrol frekwensi agar tetap 50 HZ.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:59
Last Modified: 11 Oct 2011 04:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item