Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN PEMBUATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DESA GUO (BELIMBING) KEC. KURANJI "Menetukan Kapasitas Generator Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Berkapasitas 10 kW"

Darmawan, Heldo (2008) RANCANG BANGUN PEMBUATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DESA GUO (BELIMBING) KEC. KURANJI "Menetukan Kapasitas Generator Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Berkapasitas 10 kW". Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN PEMBUATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DESA GUO (BELIMBING) KEC. KURANJI "Menetukan Kapasitas Generator Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Berkapasitas 10 kW") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (391Kb) | Preview

Abstract

Penentuan kasitas sebuah generator sangat tergantung pada iumlah debit air yang ada pada sungai sumber air PLTMH. Untuk meningkatkan kapasitas generator dari kapasitas sebelumnya dapat dilakukan dengan cara menambah dan menaikkan jumlah debit aliran dengan membuat suatu bak penenang sehingga debit air dapat terkumpul lebih banyak. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang terletak di Desa Guo ini diharapkan Generator mempunyai daya keluaran 10 kW dengan putaran 1500 rpm, yang dapat mengaliri listrik sebanyak 22 buah rumah dengan daya 450 watt tiap rumah. Namun yang terealisasi daya keluaran Generator 6,67 kW dengan putaran 1500 rpm dan mengaliri listrik 14 buah rumah dengan daya 450 watt tiap rumah. Solusi untuk mendapatkan daya keluaran Generator sebesar 10 kW yaitu dengan cara menambah ketinggian air dalam bak penenang setinggi 101 cm dengan tekanan 105369,6 N/m^2 maka akan akan terciptalah daya keluaran Generator sebesar 10 kW. Namun hal itu belum dilakukan karena mengingat ketahanan dari bak penenang yang sekarang mempunyai ketinggian air 90 cm yang bertekanan 60211,2 N/m^2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:59
Last Modified: 03 Oct 2011 06:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11162

Actions (login required)

View Item View Item